Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Antusias Warga Tabagsel di Ajang FO2T Cukup Tinggi

Harian 9 author photo


Ajang FO2T cukup ramai dikunjungi warga Tabagsel di hari ke empat, Sabtu (15/12). (Foto : Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| H9
Festival Oleh-oleh Tapanuli Bagian Selatan (FO2T) telah menghasilkan trend yang positif, tidak saja bagi peserta festival dari kalangan Usaha Mikro Kecil dan Mengengah dan Industri Kecil Menengah (UMKM-IKM), dunia usaha dan Per Bank kan yang memamerkan dan memasarkan serta mempromosikan produk-produk andalannya, tetapi juga antusias masyarakat yang cukup tinggi dan sengaja datang dari penjuru Tabagsel untuk menyaksikan pagelaran tahunan yang diinisiasi perantau putra daerah Tabagsel yang tergabung dalam ‘Tabagsel Institute’.

Panitia mencatat, gungga hari ke 4 pelaksanaan FO2T, rata-rata jumlah pengunjung yang datang menyaksikan FO2T di Alaman Bolak Padangsidimpuan, mencapai 3000 an pengunjung / hari, dengan transaksi omset penjualan mencapai Rp.2 juta sampai Rp.3 juta / hari / stand.

“ Tingginya jumlah kunjungan berdampak pada nilai transaksi. Kami harap pengunjung bisa lebih banyak lagi pada hari terakhir penutupan, “ ujar Ketua panitia FO2T DR. Kiman Siregar, didampingi Penangungjawab panitia Ir. H Alimuda Siregar, Sabtu (14/12).


Dikatakannya, FO2T digelar selama lima hari (12 s/d 16 Desember 2018), panitia menargetkan pengunjung rata-rata 2000 pengunjung. Mengingat tingginya kunjungan sejak hari pertama, Kiman menyatakan pihaknya optimistis target pengunjung dan omset penjualan bisa tercapai.

Menurut Kiman, aneka produk local, kebudayaan, kuliner Tabagsel terbukti mampu menarik daya tarik masyarakat untuk melihat langsung ke lokasi FO2T. Bahkan UMKM-IKM dari wulayah Tabagsel meliputi Kabupaten Tapsel, Madina, Paluta, Palas dan Kota Padangsidimpuan  dengan antusias mengikuti berbagai rangkaian festival dan menampilkan menyaksikan pertunjukan kesenian dan kebudayaan seperti tari kreasi, fashion show, tarian daerah, drama kolosal daerah, dll.

Di ajang FO2T, para stand pameran, menyediakan sejumlah oleh-oleh dan ikon kuliner Tabagsel, seperti makanan olahan dari buah salak, kopi berbagai jenis dan asal daerah, tenunan, makanan ringan, dll. Selain mencicipi, pengunjung juga disuguhi demonstrasi cara pembuatannya.

“ Stand oleh-oleh Tabagsel Bolu Salak Kenanga yang menampilkan produk makanan yang berbahan baku dari buah salak dan stand Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Padangsidimpuan yang menampilkan produk makanan ringan dan madu alam juga ramai diserbu pengunjung, “ kata  Kiman.

Terpisah, Ketua BPC HIPMI Kota Padangsidimpuan M. Iqbal Harahap, SE, M.Si mengapresiasi kegiatan FO2T ini, yang mana mmelalui ajang ini pelaku UMKM-IKM dapat menampilkan dan mempromosikan hasil kreasi dan produknya, sehingga semakin menggairahkan para pelaku UMKM-IKM untuk lebih termotivasi ke depan guna peningkatan ekonomi masyarakat.

“ Kiranya kesempatan ini tidak disia-siakan dan diharapkan organisasi Tabagsel Institute agar tidak hanya melaksanakan kegiatan festival saja, tetapi lebih dari itu bisa membina UMKM-IKM di daerah untuk bisa mengelola UMKM-IKM secara profesional dan mengupayakan pangsa pasar baik nasional maupun internasional bagi produk unggulan Tabagsel, “ katanya. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini