Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Babinsa Kesilir Koramil 0824/23 Wuluhan Bersama Petani Kerjabakti Normalisasi Saluran Irigasi

Harian 9 author photo

JEMBER| H9
Babinsa adalah badan Pembina Desa merupakan struktur utama dalam penyelenggaraan Pembinaan Teritorial yang bertugas memelihara dan memberdayakan sumberdaya potensi wilayah menyangkut geografi, demografi dan kondisi masyarakat di desa binaannya menjadi potensi pertahanan negara, termasuk pemberdayaan potensi pertanian yang diperkuat dengan pendampingan pertanian dalam Program ketahanan pangan.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Pelda Sukamto bersama 33 orang warga masyarakat petani yang melaksnakan kerjabakti pada Jumat (07/12/2018) pukul 07.00 Wib dengan sasaran normalisasi saluran irigasi guna meningkatkan produksi pertanian.

Saluran irigasi sepanjang 300 meter tersebut merupakan saluran untuk mengairi sawah yang berpotensi mengairi sawah seluas 40 hektar yang selama ini kurang optimal karena mengalami pendangkalan, sehingga para petani sepakat untuk dilakukan kerjabakti menormailsasikan kedalaman saluran tersebut sehingga pengairan lebih optimal.

Komandan Koramil 0824/23 Wuluhan Kapten Arm Pujianto membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut, apalagi debit air irigasi dimusim penghujan saat ini relatif besar sehingga kalau salurannya kurang berfungsi secara optimal tentunya produksi pertaniannya juga kurang maksimal.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi kegiatan pendampingan yang telah dilakukan dengan baik oleh jajarannya, bahkan tidak hanya tata cara pengolahan lahan namun insfrastruktur sarana pertaniannya termasuk saluran irigasi juga mendapatkan perhatian.

"Upaya-upaya seperti itu tentunya mengiplementasikan kerjasama TNI AD dengan Departemen Pertanian terkait pendampingan pertanian Program ketahanan Pangan Nasional dengan sasaran utamanya meningkatkan produksi pertanian untuk kesejahteraan petani dan swasembada pangan nasional," kata Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: Sis24)




Komentar Anda

Berita Terkini