MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Banjir Landa Wilayah Simangambat, Sejumlah Titik Jalan Utama Tidak Bisa Dilalui

Harian 9 author photo

PALUTA| H9
Sejumlah titik ruas jalan di kecamatan Simangambat, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) terendam banjir yang diakibatkan meluapnya arus sungai Barumun, Jumat (14/12).

Meluapnya sungai Barumun ini diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang melanda wilayah kabupaten Paluta dalam beberapa hari belakangan ini. Luapan sungai Barumun ini menggenangi jalan lintas Simangambat sehingga jalur transportasi masyarakat terhambat.

Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ridwan Efendy Daulay SSTP MSi mengatakan bahwa terdapat 5 titik jalan utama yang terhambat yakni sebelum jembatan Panton, titik kedua setelah jembatan panton, titik ketiga menuju jembatan kedua, titik keempat setelah jembatan kedua dengan rata-rata ketinggian air mencapai 40 Cm. 

Sedangkan untuk titik terakhir di ruas jalan menuju pos polisi dengan ketinggian sekitar 1 meter dan mencapai pinggang orang dewasa dengan arus yang cukup deras.

“Saat ini kita sudah menurunkan personil sebanyak 6 orang beserta 2 unit perahu portable dibantu oleh personil TNI dan kepolisian untuk membantu masyarakat menyeberangi luapan air,” ujarnya yang ikut turun langsung ke lokasi banjir.

Dikatakannya, banjir ini disebabkan oleh luapan sungai Barumun yang diakibatkan intensitas curah hujan yang cukup tinggi yang melanda wilayah kabupaten Paluta dalam beberapa hari ini.

Lanjutnya, saat ini ia juga sudah menerima informasi bahwa wilayah dusun Sungai Rodang, desa Pagaran Julu, kecamatan Simangambat juga terendam banjir dan pihaknya sudah menurunkan personil menuju daerah tersebut.

“Saat ini kita sudah mengarahkan personil menuju dusun Sungai Rodang untuk melakukan tanggap darurat dan penanganan lebih awal,” katanya.
Ridwan menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pemkab maupun pemerintah kecamatan untuk penanganan bencana banjir ini.

Selain itu, ia juga menghimbau warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan meningkatnya debit air sungai yang dikhawatirkan meluap dan mencapai daerah pemukiman warga. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar 

Personil BPBD Paluta bersama personil TNI dan Polri membantu mengevakuasi warga yang tidak bisa melintas akibat banjiryang mengakibatkan jalan utama terputus di sejumlah titik di kecamatan Simangambat, Jumat (14/12). (Foto: Akhir S Rambe)










Komentar Anda

Berita Terkini