MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Baznas Labuhanbatu Sosialisasikan Evaluasi dan Optimalisasi Zakat dan Infaq

harian9.com author photo
LABUHANBATU| H9
Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) Kabupaten Labuhanbatu, melaksanakan sosialisasi evaluasi serta optimalisasi Zakat dan Infaq. Kegiatan berlangsung di ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu, Kamis (27/12/2018).  

Ketua Baznas Kabupaten Labuhanbatu Erwin Siregar SH. menjelaskan, tujuan acara ini untuk menyebarluaskan keberadaan Baznas  sebagai Lembaga Pemerintah Non Struktural yang bertugas mengelola zakat sekaligus mengimpormasikan masalah zakat kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) serta mendorong agar membayar zakat melalui Baznas Kabupaten Labuhanbatu.

Selanjutnya Erwin mengatakan, dengan evaluasi zakat yang dilaksanakan pada hari ini, dapat mengetahui masalah yang dihadapi untuk dicari solusinya. Mencari cara yang strategis dalam optimalisasi pengumpulan zakat sesuai dengan Syariat Islam. 

"Bagi yang akan menyalurkan zakat dan Infaqnya kepada Baznas Kabupaten Labuhanbatu dapat melalui transfer Bank Sumut untuk Zakat via nomor rekening 210.0104.00.1627.0 dan untuk Infaq via nomor rekening 210.0104.00.0032.3, atau Bank Mandiri Syariah untuk zakat via nomor rekening  711.741.368.8 dan untuk Infaq via nomor rekening 712.481.463.9," jelasnya.

Disebutkan, realisasi penerimaan Zakat Periode Januari sampai Nopember 2018 berkisar Rp.1.923.191.639 termasuk saldo penerimaan Tahun 2017, dan ini dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mennyalurkan dana secara bergulir tanpa bunga kepada 270 Kepala Keluarga (KK,) bantuan ini bersifat produktif dengan dana berkisar Rp.1.1 00.000.000. 

"Disamping itu juga memberikan bantuan untuk 3.600 orang fakir miskin, untuk program Labuhanbatu Cerdas memberikan bantuan peralatan sekolah, bea siswa bagi keluarga miskin serta program dakwah Labuhanbatu Taqwa dengan memberikan bantuan untuk Dai," ucap Erwin.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Labuhanbatu Ahmad Muflih SH.MM. meminta kepada seluruh kepala OPD dan Camat se Kabupaten Labuhanbatu untuk mendata ulang ASN yang Muslim dibawah Pimpinan masing-masing.

Supaya dilakukan kalkulasi penghasilan PNS baik dari gaji maupun diluar gaji untuk membayar zakat, bagi yang tidak cukup berzakat kepala OPD menghimbau PNS untuk berinfaq.selanjutnya Kepala OPD agar membuat surat  pernyataan untuk PNS dilingkungan kerjanya.

Plt Bupati labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT. dalam pengarahannya menyampaikan, tahun ini Pemkab Labuhanbatu telah mengalokasikan dana hibah dengan jumlah yang cukup besar. Diharapkan agar dana tersebut tidak digunakan untuk  biaya operasional Baznas. Semoga Baznas kedepannya menjadi salah satu tulang punggung dan dapat menuntaskan kemiskinan.  

"Saya berkeyakinan Baznas akan lebih maju dan transparan dan tidak boleh ada satu rupiah pun ada penyelewengan didalam mengelola uang umat ini," tegas Andi Suhaimi.
Diharapkannya, Baznas dapat membuat program dan inovasi baru untuk kemaslahatan umuat. Misalnya memberikan modal usaha untuk berdagang, lalu ditempat usaha itu dibuat plang, dengan kalimat 'usaha itu adalah bantuan Baznas Labuhanbatu.' 

"Hal ini sudah saya konfirmasikan kepada Baznas dan Alhamdulillah Baznas menyambut baik program ini," kata Plt Andi

Diimbaunya, kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) agar segera membentuknya jangan ada dipikiran penyaluran uang ini tidak jelas.  

"Saya telah langsung minta ke Baznas agar tetap dipantau untuk tidak tepat sasaran," ungkap Andi Suhaimi

Acara ini diikuti dari OPD, instansi vertikal, BUMN, BUMD, Camat, Kabag, Kepala Sekolah yang berjumlah 80 orang serta diisi ceramah tentang Zakat dan Infaq yang disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Labuhanbatu H.Muhammad Darwis LC.(Thn9)


Pelaksanaan sosialisasi dan evaluasi Zakat dan Infaq diselenggarakan Baznas Labuhanbatu (Thamrin Nasution)


Komentar Anda

Berita Terkini