MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Peserta dengan Aplikasi Mobile JKN

Harian 9 author photo
MEDAN| H9
Pada era yang serba digital seperti saat ini seluruh aktifitas kehidupan masyarakat tidak terlepas dari smartphone hingga serba memudahkan,hal ini dilihat sebagai peluang oleh BPJS Kesehatan.

Melalui Aplikasi Mobile JKN hal itu diwujudkan oleh BPJS Kesehatan Aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi untuk kemudahan calon peserta atau peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dapat diunduh melalui aplikasi Mobile JKN di Google Playstore atau Apps Store.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan,Ari Dwi Aryani mengatakan,kami berharap Peserta JKN-KIS terinformasikan secara lengkap mengenai aplikasi Mobile JKN dan lalu kemudian mau mengunduh dan akhirnya menggunakan aplikasi ini.  Nantinya, peserta tidak perlu lagi harus datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan beberapa perubahan data, cukup menggunakan aplikasi Mobile JKN saja,papar Ari Dwi Aryani kepada wartawan Harian9 di Medan,Senin (31/12/2018)


Ari menambahkan,ada 5 Kemudahan menggunakan Aplikasi Mobile JKN seperti ,Kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan,Kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga,Kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran,Kemudahan mendapatkan pelayanan di Faskes,Kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

"Selain 5 kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi Mobile JKN ini, ada juga 14 Fitur dalam Aplikasi ini, yang seluruhnya dapat diakses oleh Peserta JKN-KIS," Jelas Ari.

Selain melalui Aplikasi Mobile JKN, kata Ari,BPJS kesehatan juga memiliki Care Center 1500 400 yang fungsinya juga sama dengan Aplikasi Mobile JKN.  Melalui Care Center 1500 400 ini, BPJS Kesehatan menyediakan sarana teleconsulting yang dapat diakses peserta JKN-KIS dalam hal yang hampir sama dengan fungsi Mobile JKN, hanya saja BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 ini bersifat komunikasi dua arah melalui sambungan telepon.

Ari Berharap,seluruh fasilitas yang diberikan oleh BPJS Kesehatan ini merupakan upaya untuk memberikan layanan yang terbaik bagi Peserta JKN-KIS dan Ari juga mengingat manfaat yang akan diperoleh peserta jika mengunduh aplikasi Mobile JKN yang sangat banyak, Peserta dapat memanfaatkan aplikasi yang telah disedikan oleh BPJS Kesehatan,harap Ari.

Sementara itu,Rika Hanifah, salah satu karyawan BUMD di Provinsi Sumatera Utara ini telah lama memanfaatkan aplikasi Mobile JKN ini, mulai hanya mengecek status kepesertaan, sampai melakukan perubahan data kepesertaan melalui aplikasi

"Sebagai pekerja saya tidak punya waktu apabila harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, jadi menurut saya aplikasi ini benar-benar dapat membantu orang-orang seperti saya yang sibuk kerja," ungkap Rika.

Rika menambahkan dengan adanya aplikasi ini tentunya ia merasa lebih mudah dan mandiri dalam mengakses informasi ataupun perubahan-perubahan data terkait kepesertaannya.

"Ya jelas saya sangat terbantu sekali, jadi lebih praktis karena pengurusannya bisa dilakukan lewat handphone,"pungkas Rika.(Jae9)


Komentar Anda

Berita Terkini