MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

BPJS Kesehatan Kota Medan dan DPMPTSP Sosialisasikan OSS

Harian 9 author photo
Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Medan,Suprianto Syahputra Pada saat penjelasan pada acara Sosialisasi Online Submission Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018.


MEDAN| H9
Sebagai usaha optimalisasi penggunaan sistem Online Single Submission (OSS) sebagai portal dalam pengurusan perizinan secara nasional Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)Kota Medan Bersama BPJS Kesehatan Cabang Medan melakukan sosialiasi bersama,Rabu  (18/12/2018).

Kepada Pelaku Usaha yang ada di Kota Medan, Binjai dan Langkat dan perwakilan dari Apindo Kota Medan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan,Purnawarman Dewi mengatakan,
kegiatan ini dalam rangka pengenalan layanan perizinan yang terintegrasi secara online. Atau lebih dikenal OSS. Dengan sistem ini, semua data yang masuk ke pemerintah maupun BPJS Kesehatan, akan terintegrasi dengan jelas.

“Online Single Submission (OSS) adalah perizinan berusaha yang diterbitkan melalui OSS untuk dan atas nama menteri, Pimpinan Lembaga, Gubernur atau Bupati/Walikota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi” katanya,kepada wartawan Harian9,di Medan,Rabu (19/12/2018).

Dalam kesempatan yang sama disampaikan juga oleh Supriyanto Syaputra, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Medan, bahwa penerapan Sistem OSS ini sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, dan nantinya dalam pengurusan ijin melalui OSS, Pelaku Usaha diwajibkan untuk mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Supriyanto menambahkan, kewajiban Pelaku Usaha untuk mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Kesehatan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan Pasal 13 menerangkan bahwa pemberi kerja wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta Jaminan Kesehatan kepada BPJS Kesehatan dengan membayar iuran.

Selanjutnya,Supriyanto menjelaskan Sistem OSS ini diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan arus modal dalam berusaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi. Dengan sistim ini, dapat juga memberikan kemudahan pendaftaran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada pelaku usaha

“dulu kerja sama yang kami lakukan dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan masih manual, kini sudah menggunakan sistem yang online dan terintegrasi di pusat. Tujuan dari kerja sama ini tetap sama yaitu menertibkan Pelaku Usaha untuk mendapatkan izin usahanya” jelas Supriyanto.

Dalam sosialisasi tersebut juga dikenalkan Portal milik bersama antara BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sebagai kanal pendaftaran bagi Pelaku Usaha untuk mendaftakan Pekerjanya ke BPJS  Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjs.go.id. (Jae9)
Komentar Anda

Berita Terkini