MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Bupati Buka Acara Peringatan Hari Ibu Ke 90 Tingkat Kabupaten Paluta

harian9.com author photo
Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi bersama ketua TP PKK Paluta Ny Ade Aan Rostiani Andar Harahap memotong tumpeng simbolis peringatan Hari Ibu ke 90 tingkat kabupaten Paluta, Selasa (18/12). (AKHIR S RAMBE)


PALUTA| H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi buka secara resmi peringatan Hari Ibu ke 90 tahun 2018 tingkat kabupaten Paluta yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB dan P3A) kabupaten Paluta di gedung serbaguna kantor Bupati Paluta, Selasa (18/12).

Peringatan Hari Ibu ke 90 dihadiri oleh Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap Shi, Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH, Ketua TP PKK Paluta Ny Ade Aan Rostiani Andar Harahap, wakil ketua TP PKK Ny Masdoripah Hariro Harahap, Dharma Wanita, Persit KCK, Polsek Padang Bolak, pimpinan SKPD Paluta, Camat dan sejumlah organisasi wanita dan kaum Ibu- ibu beserta undangan lainnya. 

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi dalam sambutannya mengatakan momentum 90 tahun Hari Ibu dilaksanakan untuk meningkatkan peran perempuan dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, mendorong terwujudnya kesetaraan gender, kesetaraan hak dan kewajiban perempuan dan laki-laki agar bebas dari kekerasan, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan yang sejalan dengan tema acara peringatan Hari Ibu ke 90 yakni ‘Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa,’.

“Tema ini dibangun dengan melihat kondisi bangsa Indonesia dengan menyertakan arah kebijakan pembangunan, memberdayakan perempuan dan anak sebagaimana yang tercantum dalam RPJMN 2015-2019 serta mewujudkan nawacita sebagai salah satu agenda nasional,” ujarnya.

Katanya, tema ini diangkat untuk memberikan kesadaran kepada semua pemangku kepentingan tentang pentingnya menciptakan lingkungan yan kondusif untuk melindungi kaum perempuan dan anak dari berbagai bentuk kekerasan.

Karena itu, ia berharap peringatan Hari Ibu ke 90 dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan sebagai motor penggerak perubahan dan dapat mendorong para pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian terhadap perempuan dalam berbagai sector pembangunan.

"Selamat hari ibu, semoga perempuan Paluta mampu terus berkarya dan membawa pengaruh positif demi kemajuan daerah tercinta ini” ungkapnya. 

Kepala Dinas PPKB dan P3A kabupaten Paluta selaku ketua panitia Peringatan Hari Ibu ke 90 Tahun 2018 Kabupaten Paluta Hakimuddin Siregar mengatakan kegiatan ini dilatar belakangi pentingnya wawasan kebangsaan bagi kaum perempuan di kabupaten Paluta guna mendorong semangat kaum perempuan untuk lebih aktif dan inovatif merespon kemajuan.

Peringatan Hari Ibu merupakan upaya untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan dalam merebut kemerdekaan sekaligus menjadi motivasi kaum perempuan untuk dapat lebih maju dalam segala bidang pembangunan.
“Ditangan Ibu lah para pemimpin bangsa dilahirkan dan momen peringatan hari Ibu merupakan tinggak sejarah perjuangan kaum perempuan bagi kemerdekaan dan kemajuan Bangsa Indonesia,”.

Sebelumnya, kegiatan juga dirangkai dengan berbagai perlombaan diantaranya perlombaan merias wajah tanpa cermin bagi ibu-ibu, lomba baju kebaya ibu-ibu, lomba memasak tumpeng serta sejumlah lomba lainnya.(Asr9)
Komentar Anda

Berita Terkini