MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Bupati Minta Inspektorat Labuhanbatu Segera Periksa Kasus Mobil Ambulance Milik Dinas Kesehatan yang Remuk

Harian 9 author photo
LABUHANBATU| H9
Ternyata Mobil Ambulance Kijang Inova milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu mengalami kecelakaan tunggal pada hari Minggu tanggal 23 Nopember 2018 lalu saat dipakai oleh Kabid P2PL Daniel H.Manurung bersama anaknya.

Hal ini terungkap  saat  acara coffee morning antara wartawan dengan Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MTbersama seluruh OPD yang dilaksanakan di FO Cafe, Jalan WR Supratman Rantauprapat, Kamis (20/12/2018).

Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT meminta agar Inspektorat segera turun tangan memeriksa kasus hancurnya mobil ambulance Kijang Innova milik Dinas Kesehatan akibat mengalami kecelakaan saat digunakan Kabid P2PL Dinkes Labuhanbatu Daniel H Manurung.

Bupati mengatakan, dirinya memang belum mengetahui soal hancurnya mobil ambulance yang mengalami kecelakaan pada Minggu (23/11) yang lalu di Jalinsum Berangir Kecamatan Na IX-X , Kabupaten Labuhanbatu Utara dan mengetahui setelah dipertanyakan wartawan.

“Terimakasih atas informasinya. Saya memang belum tahu dan saya baru tahu ini,” sebut Andi.

Disebutkan, mobil ambulance itu memang milik bidang pelayanan kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Pemkab Labuhanbatu. Sebelumnya, mobil ambulance tersebut disimpan di pendopo rumah dinas bupati di Jalan WR Supratman Keluruhan Padang Matinggi.

Setelah dirinya menjadi Plt Bupati Labuhanbatu menggantikan bupati sebelumnya, Andi Suhaimi meminta agar mobil ambulance itu diapelkan bersama mobil dinas lain yang merupakan aset Pemkab Labuhanbatu di lapangan kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), namun hal itu tidak dihiraukan. Karenanya ia mendesak agar Inspektorat segera turun tangan memeriksa persoalan itu.

“Setahu saya, ambulance ini yang paling bagus. Ambulance ini tidak pernah diapelkan saat saya memintanya. Inspektorat tolong supaya diapakan bagian aset,” ujar Andi Suhaimi.

Sementara itu Kabid Yankes Dinkes Labuhanbatu dr Raja Lontung Ritonga menjelaskan, meskipun mobil ambulance itu milik bidang Yankes, namun selama dia menjabat Kabid Yankes mobil itu dikuasai Kabid P2PL Daniel H Manurung dan disimpan di rumahnya.  

Tentang hal itu Bupati mengakui sudah mendengar banyak  bidang-bidang Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  bekerja tidak sesuai dengan  tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) nya, bahkan ada yang diambilalih pimpinan OPD.

Andi menambahkan bahwa ambulance itu dibeli dengan uang rakyat sehingga dia tidak mentolerir jika ada pejabat yang menyalahgunakannya. “Ambulance ini dibeli pakai uang rakyat. Saya tidak suka jika disalahgunakan,” ujarnya.

Peristiwa kecelakaan tunggal yang mengakibatkan hancurnya mobil ambulance itu sudah diakui Kabid P2PL Dinas Kesehatan Daniel H Manurung. Namun Dia membantah bahwa dia dan anaknya menggunakan mobil itu untuk kepentingan pribadi. 

“Saya gunakan untuk perjalanan dinas,” katanya singkat menjawab wartawan.

Saat ditanya tujuan perjalanan dinas yang dilakukannya, berapa lama perjalanan yang dilakukan serta berapa orang yang ikut dalam perjalanan dinas itu, Manurung tidak memberi jawaban.

Usai mengalami kecelakaan dan hancur, belum diketahui di mana keberadaan mobil ambulance itu. Bahkan Kabid Yankes dr Raja Lontung Ritonga mengaku tidak tahu apa-apa soal itu.

“Setahu saya itu memang milik bidang Yankes. Tapi  saya tidak pernah tahu keberadan  mobil ambulance itu, ucapnya. (tn9)


Komentar Anda

Berita Terkini