MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Bupati Paluta Andar Harahap : Wartawan Adalah Mitra Pemerintah Membangun Daerah

harian9.com author photo


Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi saat menyampaikan arahan dan bimbingan pada kegiatan pembinaan dan sharing informasi antara pemerintah bersama para jurnalis di aula kantor Bupati Paluta, Kamis (13/12).(AKHIR S RAMBE)

PALUTA| H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi mengatakan bahwa wartawan atau jurnalis adalah mitra pemerintah untuk membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikannya saat pelaksanaan kegiatan pembinaan dan sharing informasi antara pemerintah bersama para jurnalis wilayah kerja kabupaten Paluta yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) kabupaten Paluta di aula kantor Bupati Paluta, Kamis (13/12).

Dalam kegiatan yang diikuti oleh puluhan jurnalis dari media cetak, online dan media televisi beserta jajaran OPD lingkungan Pemkab Paluta, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi mengajak para jurnalis untuk ikut berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan di wilayah kabupaten Paluta.


“Wartawan adalah mitra pemerintah dalam membangun daerah,” ujarnya mengawali sambutannya. 


Ia menyatakan, bahwa di era pemerintahannya di kabupaten Paluta kedepannya, ia siap untuk dikritik melalui pemberitaan dan publikasi. Namun ia berharap, pemberitaan dan kritikan tersebut seyogyanya sesuai dengan fakta yang akurat. Karena katanya, melalui pemberitaan atau publikasi yang disampaikan oleh wartawan melalui media cetak ataupun media elektronik selama ini, memberikan informasi awal bagi pemerintahan terkait hal-hal yang dibutuhkan dan urgent di kalangan masyarakat daerah Paluta. 

Untuk itu, ia berharap agar hubungan antara wartawan dan pemerintahan tetap terjaga seperti selama ini dan meminta agar para wartawan menyajikan berita yang berimbang, karena yang ditulis dan ditayangkan oleh wartawan terutama menyangkut hahat hidup masyarakay akan dibaca dan dilihat oleh orang yang banyak.

“Kami siap dikritik untuk kemajuan pembangunan daerah Paluta. Tapi harus sesuai dengan fakta yang akurat dan lebih lengkapnya berikan solusi dalam pemberitaan sebagai langkah awal bagi pemerintah untuk penanganannya,” katanya.

Pada kesempatan ini, Andar juga meminta kepada jurnalis untuk tidak membuat berita hoaks mengingat tahun ini adalah tahun politik. Sebab berita yang tidak sesuai fakta (hoaks) nantinya akan dapat merugikan semua pihak.

Ia juga meminta kepada seluruh jajaran pimpinan OPD dan kalangan ASN di lingkungan Pemkab Paluta untuk tetap menjalin komunikasi serta kemitraan dengan jurnalis, sepanjang kemitraaan tersebut tidak menyalahi dan melanggar ketentuan hukum yang berlaku dengan tujuan utama yakni memajukan dan mensejahterakan kabupaten Paluta.

“Semoga hubungan dan kemitraan Pemkab Paluta dengan wartawan atau jurnalis yang pada masa sebelumnya sudah cukup baik, akan semakin lebih baik kedepannya untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini,” harapnya.

Sebelumnya, Kadis Kominfo Paluta Anwar Sadat Siregar dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jalinan silaturrahmi serta hubungan kerjasama antara pihak Pemkab Paluta dan jurnalis dalam pelaksanaan pembangunan di kabupaten Paluta.

Dikatakannya, sesuai dengan tema yang diusung yakni ‘Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dan media mewujudkan Paluta smart regency’, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme jurnalis dan menjadi mitra pembangunan sebagai langkah dalam upaya peningkatan kemajuan pembangunan di kabupaten Paluta.

Pantauan, kegiatan yang dipandu oleh moderator yakni kabid Informasi pada Dinas Kominfo Paluta Julpikar Harahap juga dirangkai dengan sesi dialog antara para jurnalis dengan Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi terkait beberapa hal yang perlu dibenahi untuk peningkatan kemitraan antara Pemkab Paluta dan wartawan.

Turut hadir wakil Bupati Paluta H Hariro Harahap SE MSi, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, jajaran asisten dan kabag dilingkup Setdakab Paluta, pimpinan OPD se kabupaten Paluta, Camat se Paluta serta puluhan wartawan dari media cetak dan online yang bertugas di wilayah kabupaten Paluta. (Asr9)
Komentar Anda

Berita Terkini