MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Bupati Tapsel Nilai Bhabinkamtibmas dan TP4D Berhasil Kawal Program Dana Desa

Harian 9 author photo
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu memberian sambutan pada acara temu ramah dan silahturahmi Forkopimda dengan seluruh Kades dan Kelurahan se Kabupaten Tapsel, bertempat di aula Sarasi Kantor Bupati Tapsel, Jum'at (21/12) (Foto : Riswandy)


TAPSEL| H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu menilai, Polres Tapsel melalui Bhayangkara Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) serta Kejaksaan Negeri (Kejari) Tapsel melalui Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) telah berhasil dalam mengkawal penggunaan anggaran Dana Desa (DD) melalui program DD yang dilaksanakan di Kabupaten Tapsel.

Penilaian tersebut disampaikan Bupati Syahrul pada acara temu ramah dan silahturahmi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tapsel dengan seluruh Kepala Desa (Kades) dan Kelurahan se Kabupaten Tapsel, bertempat di aula Sarasi Kantor Bupati Tapsel, Jum'at (21/12)

Temu ramah dan silaturrahmi tersebut dihadiri Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK, MH, Kajari Tapsel Tyas Widiarto, SH, MH, Kadis Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) M.Yusuf Nasution, SP, Kabankesbagpol Hamdi S Pulungan, S.Sos, Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Ricky Hadamean Siregar, SSTP, para Camat se Kabupaten Tapsel, perwakilan BPJS Kesehatan dan Ketenaga kerjaan dan 248 Lurah dan Kades se Kabupaten Tapsel.


Lebih lanjut Bupati Syahrul M Pasaribu menyebutkan, niat baik dan keinginan pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Republik Indonesia Ir. H Joko Widodo sesuai Nawacita butir ketiga dan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 melalui Program DD yaitu dimaksudkan antara lain menbangun Indonesia dari pinggiran Republik Indonesia untuk memberdayakan masyarakat Desa dalam meningkatkan kesejahteraan. 


“ Dari tahun  ketahun program DD di Kabupaten Tapsel terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan untuk tahun 2019 dana untuk Kelurahan sudah ditampung dalam Anggaran Pendapatan dan belanja Negara (APBN). Untuk itu pantas kita apresiasi dan berterimakasih kepada presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo dan yang jelas, pemerintah NKRI dipimpin oleh Presiden dan untuk Kabupaten Tapsel di pimpin Bupati dan Desa dipimpin oleh Kepala desa, “ kata Syahrul.

Syahrul juga meminta kepada seluruh Kades yang hadir agar melaksanakan dan melakoni DD yang hasilnya beberapa tahun ini sudah dirasakan masyarakat dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku serta taat azas dan tepat waktu dan mengharapkan, dalam menyusun program untuk Tahun 2019 setiap Kades harus mempedomani RPJMDes untuk dituangkan pada APBDes dengan melibatkan seluruh perangkat Desa dan stakeholder lainnya, sehingga terbangun sinergitas yang bermuara pada peningkatan persatuan dan kesatuan di Desa menuju kesejahteraan yang terus meningkat.

“ Mari kita apresiasi pemerintah  yang telah memberdayakan masyarakat  dengan langkah-langkah yang sangat strategis,  visioner dan cerdas untuk mencapai kesejahteraan utamanya di Desa, “ ucap Syahrul sembari mengatakan, keinginan pemerintah pusat untuk memberdayakan masyarakat Desa demi kesejahteraan didukung penuh oleh Pemkab Tapsel Polres Tapsel dan Kejari Tapsel.

Hal senada juga dikatakan Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib yang menekankan kepada seluruh Bhabinkamtibmas untuk mengawal perjalanan DD, mengingat, Bhabinkamtibmas merupakan mitra dari Kades di lapangan dalam meningkatkan perekonomian yang ada di Desa,  bukan sebagai musuh atau mata-mata di desa.

“ Bhabinkamtibmas bukan untuk menakuti para Kades. Melainkan mitra para Kades untuk dapat menciptakan situasi desa yang aman dan tertib, menyelesaikan permasalahan di masyarakat (problem solving) serta bersama meningkatkan kemajuan pembangunan dan kesejatraan masyarakat desa, “ terang Kapolres.

Kapolres juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk dapat bertatap muka dengan para Lurah dan Kades se Kabupaten Tapsel. Menurutnya, dalam pelaksanaan program DD, aparat kepolisian telah menempatkan Babinkamtibmas untuk pengawasan dan mengawal DD sesuai program yang direncanakan dapat terealisasi dengan baik dan tidak ada penyelewengan

“ Untuk itu silahkan berdampingan dan bermitra dengan Bhabinkamtibmas, baik masalah penganggaran di Desa maupun pemecahan permasalahan, karena, dengan kerjasama yang baik diharapkan untuk Desa yang lebih maju kedepan, “ tegas Irwa.

Kapolres juga menjelaskan, kebijakan bapak Kapolri yakni Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter) dan kebijakan bapak Kapolda Sumut yakni Peningkatan Kinerja, Perubahan Kultur dan Managemen Media telah ditindaklanjuti oleh Kapolres Tapsel dengan penekanan personil Polri untuk hadir ditengah-tengah masyarakat, ditempat ibadah, ditempat masyarakat berkumpul dan ditempat masyarakat bekerja, dengan memberikan pelayanan yang humanis serta bekerja sama dengan insan pers untuk membangun komunikasi yang sehat dalam mencegah berita informasi Hoax yang dapat menggangu persatuan dan kesatuan bangsa

“ Saya metitipkan personil Babinkamtibmas dan Babinsa kepada para Kades agar kehadiran mereka dapat membatu tugas-tugas Kades, sehingga dapat menciptakan suasana yang harmonis dan sejuk di desanya masing masing, “ tutur Kapolres.

Sementara Kajari Tapsel Tiyas Widiyarto juga siap untuk berperan dalam mensukseskan program DD melalui Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Pusat(TP4P) dan Tim TP4D, sehingga pelaksanaan program DD lebih optimal

Dikatakannya, TP4D yang bertugas mengawal jalannya program DD merupakan program nasional. Untuk itu ia berpesar dan tidak ingin ada Kades yang masuk penjara di Tapsel terkait masalah DD.  Laksanakan apa yang telah menjadi program sesuai peruntukannya, taat aturan dan tertib adminitrasi dan kami penegak hukum bersifat pencegahan serta tidak menginginkan adanya Kades yang berhadapan  dengan hukum.

“ Jangan ciderai prestasi pengelolaan DD di Tapsel yang sudah mendapat predikat terbaik selama dua tahun ini. Sebab saat ini penggunaan DD diawasi oleh Kepolisian,  Kejaksaan, KPK, BPK dan Inspektorat, “ tegas Tiyas. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini