MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Dalam Sehari, Polres Tapsel Ungkap Dua Kasus Narkoba

Harian 9 author photo
Tersangka ISH saat menjalani pemeriksaan di Sat Narkoba Polres Tapsel, Sabtu (15/12). (Foto: Riswandy).



TAPSEL| H9
Dalam satu hari, jajaran Sat Narkoba Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) mengungkap dua kasus penyalahgunaan narkotika dengan tiga tersangka dari dua lokasi berbeda di wilayah hukum Polres Tapsel, Sabtu (15/12).

Dua kasus penyalahgunaan narkoba tersebut yakni penangkapan terhadap tersangka ISH (23), warga Desa Pargarutan Tonga Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapsel. Tersangka ditangkap didalam rumah milik tersangka di Desa tersebut sekira pukul pukul 13.00 WIB.

Selain mengamankan tersangka, petugas juga menyita barang bukti narkotika jenis ganja seberat 33,70 gram, yang disimpan dalam satu bungkus plastik assoy warna hitam dan rencananya akan diedarkan tersangka di daerahnya.

Kemudian penangkapan terhadap tersangka BRH (26), warga Desa Wek. IV Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel dan YA (29), warga Desa Pudun Jae Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan.

Kedua tersangka ditangkap dalam kasus penyalahgunaan narkotika jenis shabu.di Kelurahan Sitinjak Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapsel, tepatnya di Jalan Lintas Padangsidimpuan-Sibolga, sekira pukul 16.30 WIB.

Dari tersangka BRH, petugas menyita barang bukti narkotika jenis sabu seberat 0,31 gram yang disimpan dalam satu bungkus plastik klip, satu unit sepeda motor honda Vario warna hitam Nopol BB 5567 HR, satu buah helm warna hitam dan satu unit handphone merk Xiomi warna putih. Sedangkan dari tersangka YA disita barang bukti satu unit handphone merk Mito warna hitam.

Kapolres Tapsel AKBP. Irwa zaini Adib, S.Ik, MH melalui Kasat Narkoba Polres Tapsel AKP Zulfikar, SH yang dikonfirmasi, Senin (17/12) membenarkan pengungkapan dua kasus penyalahgunaan narkotika, dengan menangkap tiga tersangka.

Dikatakannya, penangkapaan tersangka ISH yang telah menjadi Target Operasi (TO) Sat Narkoba, sebelumnya, petugas mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya seorang laki-laki dewasa yang menyimpan narkotika jenis ganja.

Selanjutnya petugas bersama personil lainnya langsung berangkat ke Dusun Pasir Ampolu Desa Pargarutan Dolok Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapsel, dimana berdasarkan informasi, tersangka sedang berada didalam salah satu warung milik masyarakat.

Sekira pukul 12.00 WIB, petugas menuju ke lokasi warung tersebut dan menanyakan kepada pemilik warung tentang keberadaan tersangka dan pemilik warung mengatakan bahwa tersangka sedang tidur di dalam warung.

Kemudian petugas mengamankan tersangka serta menyuruh tersangka untuk mengeluarkan isi dari saku celana dan bajunya namun tidak ditemukan barang yang mencurigakan. Namun tersangka mengaku ada menyimpan ganja di dalam rumahnya. 

Selanjutnya petugas berangkat ke rumah tersangka dan oleh tersangka menunjukkan dan mengambil sebuah bungkusan plastik warna hitam yang didalamnya diduga berisikan ganja dari dalam lemari bajunya. Tersangka dan barang bukti kemudian diamankan petugas.

Sedangkan penangkapan terhadap tersangka BRH dan YA, setelah petugas menerima informasi dari masyarakat tentang maraknya peredaran narkoba jenis shabu di Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel yang didatangkan dari Kota Padangsidimpuan.

Mendapat informasi tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan dan pengintaian terhadap tersangka BRH, dimana tersangka yang baru datang ke Kota Padangsidimpuan hendak melakukan transaksi narkoba jenis shabu di Batangtoru.

Selanjutnya petugas membuntuti tersangka dan setibanya di Kelurahan Sitinjak Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapsel, petugas langsung melakukan penangkapan dan pemeriksaan seluruh badan tersangka dan didalam helm yang dipakai oleh tersangka ditemukan barang bukti berupa shabu.

Dari hasil pengembangan, tersangka BRH mengakui kalau barang haram tersebut berasal dari YA, warga Padangsidimpuan. Kemudian petugas melakukan pengembangan ke Desa Pudun Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan dan menangkap tersangka YA. Selanjutnya kedua tersangka berikut barang bukti tersebut dibawa ke Sat Resnarkoba Polres Tapsel guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Ke dua kasus penyalahgunaan narkotika tersebut kini telah ditangani secara intensif dan ke tiga tersangka kini dalam pemeriksaan penyidik sat Resnarkoba Polres Tapsel,“ ujar Kasat Res Narkoba. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Tersangka BRH dan YA saat menjalani pemeriksaan di Sat Narkoba Polres Tapsel, Sabtu (15/12). (Foto: Riswandy)





Komentar Anda

Berita Terkini