MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Dandim 0824 dan Kapolres Jember Dampingi Bupati Cek Jebolnya Tanggul

harian9.com author photo

JEMBER| H9
Jebolnya tanggul sungan sepanjang 60 meter di Dusun Ponjen Desa Koncong Kabupaten Jember menyisakan pekerjaan besar bagi semua pihak, diantaranya adalah harus segera ditanganinya jebolnya tanggul tersebut karena selama tanggul belum di perbaiki masyarakat masih ketakutan pulah kerumah karena takut ada banjir susulan apalagi dengan datangnya musim hujan saat ini.

Pada Rabu (26/12/2018) Pukul 15.00 WIB di tengah kepadatan jadwal kegiatannya Bupati Jember dr Hj Faida MMR didampingi oleh Komandan Brigif Raider 9/2 Kostrad Kolonel Inf Robby Suryadi, Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Kepala BPBD Jember Rasyid Zakaria, Kepala Dinas Sosial Isnaini Dwi Susanti, Kepala Dinas Kesehatan Siti Nurul Qomariah dan Ketua PMI Jember Zaenal Abidin melakukan inspeksi langsung ke lokasi tanggul jebol.

Sebelum kelokasi tanggul jebol dilakukan rapat koordinasi terbuka di Pos BPBD Jember yang tidak jauh dari lokasi tanggul jebol pada kesempatan tersebut dr Hj Faida MMR meminta progres penanggulangan bencana kepada semua bidang terkait diantaranya kepala BPBD Jember, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan lain-lain yang memaparkan hal-hal yang telah dilakukan dan kendala yang dihadapi.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jember menegaskan agar dilakukan sinkronisasi penanggulangan bencana dengan mengedepankan koordinasi dan sinergitas guna percepatan kegiatan penanggulangan bencana sehingga masyarakat dapat beraktifitas kembali, hal-hal yang menjadi kendala segera diatasi gunakan pos anggaran yang ada namun harus dapat dipertanggung jawabkan.

Kalau mungkin dari Dinas ada kendala karena kekurangan tenaga misalnya seperti BPBD Jember yang personelnya sedikit silahkan minta tolong kepada Dandim 0824 yang memiliki sumber tenaga TNI, namun laporan pertanggungjawabannya tetap pada instansi atau dinas yang berkepentingan tersebut.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar pada rapat koordinasi tersebut menyampaikan beberapa hal diantaranya memang benar bahwa proses penanggulangan bencana ini harus kita lakukan upaya percepatan kita Kodim 0824 pada intinya siap membantu.

Bahkan perlu saya sampaikan kepada Bupati Jember kita sejak awal sudah melakukan langkah-langkah tanggap darurat membantu evakuasi korban, mendirikan tenda-tenda pengunsian, menyalurkan bantuan dan lain-lain, bahkan kita mulai besuk (27/12/2018) kita akan melaksanakan pembersihan rumah-rumah dari lumpur pasca banjir bagi lokasi yang airnya sudah surut serta pembersihak jalan-jalan desa sehingga masyarakat dapat segera beraktifitas kembali.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengecekkan tanggul yang jebol kemudian melaksankan pengecekkan ke tenda-tenda pengungsi melakukan tanya jawab dengan pengungsi dan menyampaikan bahwa jebolnya tanggul tersebut akan segera dilakukan perbaikan dan menurut perkiraan memakan waktu selama 14 hari.

"Untuk itu kepada warga dipengungsian hendaknya sabar dan kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi silahkan minta ke pos bantuan yang ada di sana ada logistik, ada pos kesehatan yang siap melayani pengungsi apabila adayang sakit dan lain-lain," kata dr Hj Faida MMR.

Usai mengecek tenda-tenda pengungsian dilanjutkan dengan dengan pengecekkan ke Pos bantuan baik bantuan logistik, dapur umum dan pos kesehatan sudah beroperasi dan melakukan pelayanan kepada pengungsi. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 

(Foto: Sis24)


Komentar Anda

Berita Terkini