MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Dandim 0824 Jember Turunkan 30 Anggotanya Bantu Penanggulangan Bencana Tanah Longsor Gunung Gambir

harian9.com author photo

JEBER| H9
Curah hujan yang turun beberapa waktu ini memang relatif cukup tinggi meskipun tidak merata namun beberapa titik sudah berakibat pada terjadinya bencana alam walaupun belum memakan korban jiwa namun mengisyaratkan kita semua untuk waspada termasuk jajaran Kodim 0824 Jember.

Kemarin di lokasi perkebunan teh Gunung Gambir Desa Gelang Kec Sumberbaru Kab Jember, setelah hujan lebat pada pukul 15.00 WIB terjadi longsor yang menerjang 4 unit perumahan karyawan kebun yaitu rumah yang ditempati P Supar, P Murahman, P Bowo dan P Rofii tertimbun longsoran tanah, namun penghuni selamat semuanya dan saat ini dievakuasi sementara di Mess Rengganis milik Kebun Gunung Gambir, pada Sabtu (15/12/2018).

Sementara itu pada waktu yang sama warga pinggiran sungai Sumberejo Desa Gelang juga mengungsi ke daerah yang lebih aman karena takut adanya banjir bandang.  Pada pukul 17.00 WIB 6 orang personel BPBD Jember sampai di lokasi bergabung dengan personel 2 orang Koramil 0824/17 Sumberbaru yang sebelumnya sudah berada di lokasi untuk melaksanakan tindakan awal dan pendataan.

Pada hari yang sama di Dsn Sumbercandik Ds Panduman Kec Jelbuk Kab Jember sekitar pukul 20.00 WIB, tanah longsor juga menerpa rumah Kadi 35 tahun yang mengakibatkan sebagaian rumah kemasukan lumpur dan dinding rumah retak-retak sehingga penghuni mengungsi ke rumah tetangganya yang lebih aman. 

Sekira 2 orang dari BPBD Kab Jember dan Babinsa Panduman Koramil 0824/26 Jelbuk berada di lokasi untuk melakukan pendataan dan membantu evakuasi korban.

Terkait dengan kejadian-kejadian tersebut pada Minggu (16/12/2018) Pukul 07.00 WIB, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengirimkan personel sebanyak 30 orang dipimpin oleh Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops ) Kodim 0824 Kapten Inf Jarwo Adi Purnomo untuk turun ke lokasi di Kebun Gunung Gambir untuk melakukan langkah tanggap darurat.

Kegiatan TNI, Polri, Relawan dan masyarakat tersebut melaksankan pembersihan rumah yang tertimbun lumpur, pembersihan puing-puing pohon yang roboh tidak beraturan serta membantu evakuasi korban ke lokasi yang anggap aman di Mess Rengganis Gunung Gambir.

Turut hadir diantaranya Camat Sumberbaru Dedy Winarno bersama 10 orang perangkatnya, Danramil 0824/17 Sumberbaru Kapten Inf Asno bersama 5 orang anggotanya, Kapolsek Sumberbaru AKP Subagio bersama 20 orang Personel Polres Jember, 10 orang relawan Tagana, 10 Ornag dari BPBD Jember dan masyarakat sekitar 70 orang.

Menyikapi kejadian tersebut Komandan Kodim 0824 Jember menyampaikan bahwa alam sudah memberikan isyaratnya kepada kita semua untuk senantiasa waspada utamanya pada musim penghujan seperti sekarang ini, beberapa kejadian  yang sudah dilaporkan di samping di lokasi yang diterangkan di atas juga terdapat di daerah lainnya seperti meluapnya sungai tanggul,  meluapnya sungai Gumukmas dan lain-lain.

Meskipun tidak sampai memakan korban jiwa Letkol Inf Arif Munawar berharap seluruh lapisan  masyarakat dan semua pihak hendaknya waspada, kemudian secara internal Letkol Inf Arif Munawar memerintahkan Koramil Jajaran Kodim 0824 Jember untuk meningkatkan keswaspadaan dan kesiapsiagaan satuannya, sehingga mampu bereaksi secara cepat apabila ada kejadian bencana diwilayahnya. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: Sis24)



Komentar Anda

Berita Terkini