Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Dinilai Langgar Aturan, Bawaslu Paluta Tertibkan Sejumlah APK Milik Caleg

Harian 9 author photo

PALUTA| H9
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bekerjasama dengan pihak kepolisian dari Polsek Padang Bolak dan pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten Paluta melakukan penertiban terhadap sejumlah alat peraga kampanye (APK) milik calon legislatif yang dinilai melanggar aturan di wilayah kabupaten Paluta, Rabu (5/12).

Ketua Bawaslu Paluta Panggabean Hasibuan SH menyebutkan, penertiban dilakukan terhadap baliho, spanduk ataupun banner milik caleg, parpol dan DPD maupun capres yang dinilai melanggar aturan tentang lokasi pemasangan APK.

Dikatakannya, selain melakukan penertiban terhadap APK berupa baliho maupun spanduk, pihaknya juga melakukan penertiban terhadap APK berupa stiker atau banner yang dipasang di angkutan umum baik angkot, bus maupun becak yang melintas di daerah Paluta. 

“Ada sejumlah tempat sesuai PKPU atau Perbup yang dilarang untuk pemasangan APK. Di angkutan unum juga dilarang, makanya kita lakukan penertiban bagi yang dinilai melanggar,” ujarnya.

Stiker atau banner yang dipasang di mobil pribadi juga turut ditertibkan jika dinilai melanggar aturan khusus yang ditetapkan. Sebab sebelumnya pihaknya sudah menghimbau agar pihak Parpol untuk menertibkan sendiri APK yang dinilai melanggar aturan.

Katanya, penertiban ini dilakukan dengan mengerahkan Bawaslu kecamatan dan desa serta melibatkan pihak Pemkab Paluta yakni Satpol PP dan Kesbangpol Paluta bekerjasama dengan pihak kepolisian dari Polsek Padang Bolak yang dibagi menjadi 3 tim yang berpencar ke sejumlah wilayah kabupaten Paluta.

Senada, komisioner Bawaslu Paluta divisi pengawasan Humas dan Hubal MusMuliadi Siregar SHi mengatakan bahwa penertiban serentak ini dilakukan setelah sebelumnya pihaknya menghimbau agar para caleg ataupun tim sukses menertibkan APK miliknya. Namun karena masih banyak yang melanggar aturan, pihaknya pun melakukan penertiban dengan cara menurunkan baliho, spanduk maupun sticker dan APK lainnya yang masih melanggar aturan.

Tambahnya, penertiban ini akan kembali dilakukan dengan melihat kondisi dilapangan terkait pemasangan APK, dan jika masih ada yang melanggar aturan akan segera ditertibkan kembali.

“Akan dilakukan penertiban secara berkala jika masih ada APK yang melanggar aturan,” ujarnya.

Untuk itu, ia menghimbau agar para caleg maupun tim sukses untuk membaca dan memahami aturan yang ada tentang pemasangan APK agar nantinya tidak melanggar aturan dan jika masih ada yang melanggar, pihaknya akan segera menertibkannya.

Pada kesempatan ini, ia juga memberitahukan bahwa APK berupa baliho dan spanduk maupun jenis lainnya yang diturunkan oleh pihaknya, dapat dijemput oleh pihak caleg maupun tim sukses apabila masih dibutuhkan.

“Jika masih dibutuhkan, APK yang diturunkan boleh dijemput ke kantor Bawaslu dengan kondisi yang apa adanya. Dan jika mau dipasang kembali, kami harap tidak melanggar aturan karena nanti akan kami copot atau turunkan kembali,” tegasnya.

Pantauan, selain melakukan penertiban terhadap spanduk, baliho yang melanggar aturan, penertiban juga dilakukan terhadap stiker dan banner yang dipasang di angkutan umum. Tak luput mobil pribadi yang di ‘branding’ juga turut ditertibkan jika dianggap melanggar ketentuan yang ada. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar 

Bawaslu Paluta bersama Satpol PP, Kesbangpol Paluta dan personil Polsek Padang Bolak melakukan penertiban APK yang dinilai melanggar aturan, Rabu (5/12). (Foto: Akhir S Rambe)









Komentar Anda

Berita Terkini