MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

H. Soekirman : Inovasi Dinas Pendidikan Melalui Gerappah dengan Konsep GCL

Harian 9 author photo


Bupati Sergai H.Soekirman ketika memberikan Piagam Penghargaan kepada Sekolah yang berhasil melakukan inovasi


SERGAI| H9
“Saya bangga dan memberikan apresiasi dengan hasil inovasi yang dilakukan jajaran Dinas Pendidikan Sergai, terbukti dengan terlaksananya kegiatan penghargaan ini sebagai bukti tidak percuma didengungkan pekik "Pendidikan Serdang Bedagai, INOVASI !!".Momen tonggak kemajuan Sergai, meski Guru bukan orang hebat tapi semua orang hebat pasti berhutang budi kepada Guru”.

Hal ini dikatakan oleh Bupati Sergai H.Soekirman pada acara Anugerah Inovasi Dinas Pendidikan kabupaten Sergai, bertempat di Pantai Woong Rame kecamatan Pantai Cermin, Sabtu (14/12) malam.

Hadir Wabup Sergai H.darma Wijaya,perwakilan Pusbang Film Kementrian Pendidikan Kasubdit Kearsipan Espita Riama beserta Didik Indrawan, Tenaga Ahli Anggota DPR RI Komisi X Wahyudi, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan, Camat Pantai Cermin Drs. H Benny Saragih, MM, motivator dan seniman muda Rani Jambak, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA sederajat, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta Siswa SD/SMP se-Kabupaten Sergai.


"Gerappah ( Gerakan Peduli Lingkungan Terhadap Sampah) dimulai dari lingkungan sekolah dengan konsep Green, Clean, and Life (GCL) yang artinya dengan lingkungan sekolah yang hijau dan bersih akan memunculkan nilai kehidupan yang inspiratif. Ini adalah konsep inovasi yang hanya ada di Sergai dan tidak ada di kabupaten/kota lainnya,inilah salah satu program yang sangat membanggakan.Apalagi dengan predikat Indonesia sebagai negara penghasil sampah plastik Kedua Terbesar di dunia,setelah negara China", imbuh Soekirman.

"Kepada para pemenang Anugerah Inovasi Pendidikan, diminta untuk meningkatkan prestasi lagi ke level selanjutnya,dengan menerapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dari sekolah yang unggul, agar dapat mereplikasi yang telah berhasil agar dapat memajukan kualitas di sekolah masing-masing.Jika dapat dilaksanakan dengan baik, maka akan muncul juara-juara baru dengan inovasi-inovasi baru pula", imbuhnya.

"Banyaknya budaya dan kuliner yang tercatat dari bumi Indonesia,mencapai ribuan yang tentunya di Sergai ini sebagai kawasan wisata dan pertanian kita mampu melakukan iniovasi untuk menarik wisatawan yang akan berkunjung nantinya di tahun 2019,seprti yang dilakukan jajaran Dinas Pendidikan Sergai ini", puji H.Soekirman.

Sebelumnya Kadis Pendidikan Sergai, Drs Joni Walker Manik MM menyampaikan, kegiatan ini adalah guna meningkatkan efesiensi, relevansi, kualitas dan efektivitas sekolah, mengejar ketertinggalan yang dihasilkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi. Mengusahakan terselenggaranya pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah, serta memberikan motivasi kepada Kepala Sekolah untuk bertugas lebih baik lagi.

Ide ini berasal ketika belajar sanitasi di Jambi beberapa waktu yang lalu, menjadi tonggak terbentuknya Gerappah sebagai Gerakan peduli lingkungan dimulai dari lingkungan sekolah dengan konsep Green, Clean, and Life (GCL) yang artinya dengan lingkungan sekolah yang hijau dan bersih akan memunculkan nilai kehidupan yang inspiratif.

"Terbukti, termotivasi dari himbauan dan bimbingan Bupati dan Wakil Bupati menjadikan kami terinspirasi guna memberikan apresiasi kepada masyarakat pendidikan di Kabupaten Sergai",kata Joni.

Anugerah Inovasi Pendidikan Jenjang SD :


  • Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pembelajaran Jenjang SD diraih oleh SDN 106224 Kerapuh.
  • Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Penataan Lingkungan Sekolah Jenjang SD diraih SDN 104235 Kampung Manggis
  • Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Tata Laksana Manajemen Sekolah Jenjang SD diraih SDN 104325 Kampung Manggis
  • Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pelaksana Literasi Sekolah Jenjang SD diraih oleh SDN 108293 Perbaungan




Anugerah Inovasi Pendidikan Jenjang SMP :


  • Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pembelajaran Jenjang SMP diraih oleh SMPN 3 Perbaungan
  • Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Penataan Lingkungan Sekolah Jenjang SMP diraih oleh SMPN 1 Pantai Cermin
  • Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Tata Laksana Manajemen Sekolah Jenjang SMP diraih oleh SMPN 1 Pantai Cermin
  • Nominasi Inovasi Pendidikan Kategori Inovasi Pelaksana Literasi Sekolah Jenjang SMP diraih oleh SMPN 1 Pantai Cermin.-(biets9)
Komentar Anda

Berita Terkini