MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

HUT DWP Ke 19 Kabupaten Paluta, Bupati Paluta: Dharma Wanita Memiliki Peranan Strategis Dalam Pembangunan

harian9.com author photo

PALUTA| H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi mengatakan bahwa Dharma Wanita Persatuan (DWP) mempunyai peranan penting dan strategis dalam peningkatan pembangunan di kabupaten Paluta. Hal ini disampaikannya pada acara peringatan Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan (HUT DWP) ke 19 kabupaten Paluta yang digelar di aula serbaguna kantor Bupati Paluta, Rabu (19/12).

Dalam acara peringatan HUT DWP ke 19 tersebut, turut hadir ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap SHi, Kajari Paluta Rizal S Nyaman SH MH, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, Pabung Kodim 0212/TS Mayor (Arm) Hasran Harahap, Danramil 05/PB Kapten (CZI) Pahlawan Nasution, Danki 123 Rajawali Gunungtua Kapten (Inf) Rouf Sulisno, Kapolsek Padang Bolak AKP Kasmir Sitanggang, ketua dan wakil ketua TP PKK Paluta Ny Ade Aan Rostiani Andar Harahap dan Ny Masdoripah Hariro Harahap, ketua DWP Paluta Ny Deswati Burhan Harahap, ketua IAD Paluta Ny Laksmi Rizal S Nyaman, GIAD Paluta, Persit KCK Paluta, Bhayangkari Paluta, pimpinan SKPD Paluta, camat se Paluta, anggota DWP Paluta beserta undangan lainnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi mengatakan, dengan tema ‘Optimalisasi potensi DWP untuk suksesnya pembangunan nasional’, anggota DWP dan kaum perempuan hendaknya terus mengembangkan kualitas diri dan selalu peduli dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang ditengah masyarakat.

“Sebagai organisasi masyarakat perempuan yang sangat besar, DWP memiliki peranan penting dan strategis dalam perjalanan roda pemerintahan. Untuk itu, peringatan HUT DWP ke 19 harus dapat menjadi momen untuk meningkatkan kontribusi penuh dalam menyukseskan program nasional khususnya di kabupaten Paluta,” sebutnya. 

Menurutnya, kontribusi DWP dalam perjalanan roda pemerintahan masuk dalam program prioritas yang telah ditetapkan yakni pembinaan pendidikan keluarga dilingkungan DWP dan masyarakat, pemberdayaan ekonomi produktif dan kreatif masyarakat.

Pentingnya peranan strategis perempuan dalam aspek pembangunan menjadikan perempuan untuk bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas yang telah ditetapkan dalam 3 hal yaitu pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

“Selamat HUT DWP ke 19, semoga semakin meningkat kualitas dan pengembangan wawasan untuk ibu-ibu anggota DWP Paluta dalam mendukung tugasnya sendiri maupun karir suaminya sebagai istri ASN di Paluta,” ucapnya.

Sebelumnya, ketua DWP Paluta Ny Deswati Burhan Harahap saat membacakan sambutan ketua DWP Pusat menyampaikan, sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina ibu pegawai ASN, DWP patut bersyukur dan berbangga karena pada usia ini telah menjadi organisasi perempuan yang besar yang telah diberi petunjuk dan kemudahan dalam menjalankan program kerja organisasi secara terstruktur.

Namun, katanya, harus diakui bahwa perkembangan organisasi DWP belum sesuai dengan yang diharapkan dan masih banyak hal yang perlu ditingkatkan untuk mencapai terwujudnya tujuan DWP khususnya di kabupaten Paluta.

“Kita tetap yakin dan optimis bahwa membangun organisasi agar lebih modern dan profesional disertai program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan, akan menjadikan DWP Paluta mampu berkiprah secara aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran, gagasan serta pandangan terhadap pembangunan nasional bangsa Indonesia,” ujarnya.

Maka dalam melaksanakan tahapan optimalisasi program kerja DWP, selain melaksanakan program prioritas hasil rakernas DWP 2017, DWP juga meningkatkan dan memperkuat program kemitraan dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan dengan mengambil peran strategis untuk mendukung pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.

Ia juga melaporkan bahwa peringatan HUT DWP kabupaten Paluta ke 19 juga dirangkai dengan kegiatan perlombaan yakni lomba menyanyikan lagu mars DWP antara anggota DWP kecamatan se kabupaten Paluta. Selain itu, DWP Paluta juga memberikan sumbangan dan tali asih kepada sejumlah lansia dari pondok lansia di desa Sosopan, kecamatan Padang Bolak.

Pantauan, peringatan HUT DWP ke 19 kabupaten Paluta ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue ulangtahun oleh ketua DWP Paluta Ny Deswati Burhan Harahap. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar 

Ketua DWP Paluta Ny Deswati Burhan Harahap bersama ketua dan wakil ketua TP PKK Paluta Ny Ade Aan Rostiani Andar Harahap dan Ny Masdoripah Hariro Harahap saat potong tumpeng peringatan HUT DWP ke 19 tingkat kabupaten Paluta di aula serbaguna kantor Bupati Paluta, Rabu (19/12). (Foto: Akhir S Rambe)


Komentar Anda

Berita Terkini