Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Indonesia Banyak Belajar Dari Krisis 98

Harian 9 author photo

JAKARTA| H9
Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) mengadakan Corporate Governance (CG) Conference & Award yang ke-10 dengan tema 'Bringing about Changes: Opportunities and Challenges for Directors' berlangsung di Hotel Le Meridien Jakarta pada Senin, (11/12) yang dihadiri oleh ratusan peserta yang sebagian besar dari kalangan emiten.

Acara ini juga sekaligus meperingati pengabdian IICD yang selama 18 tahun telah berkiprah dalam melakukan internalisasi good corporate governance di Indonesia, baik melalui kegiatan training, riset, konsultasi dan seminar CG di dalam dan luar negeri.

Dalam keynote speechnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa Indonesia termasuk negara yang beberapa kali terimbas kondisi global yang cukup berpengaruh terhadap kinerja dari korporasi di Indonesia.  

"Kondisi ini telah kita lalui berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, good corporate governance dan good governance. Prinsipnya sangat jelas di semua itu benang merahnya adalah adanya check and balance, harus adanya akuntabilitas pentingnya transparansi dan pentingnya kita untuk selalu bisa menjelaskan kepada publik mengenai keputusan-keputusan publik dan independensi dari institusi-institusi yang harus melakukan regulasi, yang melakukan supervisi," ungkapnya.

Dalam suatu perencanaan pembangunan diperlukan kompetitifitas dan produktivitas dengan elemen yang dibangun oleh pemerintah yaitu infrastruktur, sumber daya manusia dan institusi. Menkeu menginginkan elemen-elemen pembangunan tersebut juga menjadi perhatian sektor korporasi.

"Jadi kami di Kementerian Keuangan semenjak krisis dan setelahnya kita memiliki pondasi Undang-Undang Keuangan Negara, kita terus-menerus melakukan reformasi di bidang keuangan negara. Hal ini merupakan suatu bentuk semangat konsisten kami di dalam membangun institusi yang bersih melayani transparan dan akuntabel," tegasnya.

Sebagai informasi, pada tahun ini IICD melakukan penilaian terhadap 200 emiten dengan market kapitalisasi terbesar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. IICD juga mengumumkan Top 50 Emiten BigCap dan MidCap dengan praktek CG Terbaik Tahun 2017 dan diantara Top 50 tersebut terdapat 24 Emiten BigCap serta 23 Emiten MidCap terbaik yang akan menerima award. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar

Menkeu, Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa Indonesia termasuk negara yang beberapa kali terimbas kondisi global yang cukup berpengaruh terhadap kinerja dari korporasi di Indonesia. (Foto: kemenkeu)


Komentar Anda

Berita Terkini