Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Kapolres Tapsel : Sebagai Mitra Polri, Satpam Sangat Dibutuhkan Untuk Jaga Keamanan

Harian 9 author photo
Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH, membacakan amanat Kapolri pada upacara HUT Satpam ke-38 tahun 2018 di halaman Mapolres Tapsel, Minggu (30/12).




TAPSEL| H9
Profesi Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai mitra Kepolisian sangat dibutuhkan untuk memberikan rasa aman di tengah masyarakat, karena memang polisi tidak bisa berada di semua tempat dalam setiap waktu sekaligus, sehingga polisi membutuhkan kemitraan dan sangat terbantu dengan jasa pengamanan.

“ Kehadiran Satpam sangat diperlukan oleh masyarakat termasuk salah satu hal yakni untuk mendukung dan menumbuhkan investasi, karena para investor akan berani menanamkan modalnya apabila rasa aman itu ada, “ ujar Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH didampingi Waka Polres Kompol Jumanto, SH, MH dan Kasat Binmas Iptu Erman Tanjung usai pelaksanaan upacara HUT Satpam ke-38 tahun 2018 di halaman Mapolres Tapsel, Minggu (30/12).

Dikatakannya, keamanan itu sangat diperlukan bagi sebuah Negara dan peran tenaga Satpam tidak terbatas hanya pada sisi pengamanan saja, tetapi seorang Satpam juga bertindak sebagai wajah perusahaan maupun institusi dan kesan bagi reputasi sebuah perusahaan.


“ Satpam memiliki peran strategis baik dalam pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerja maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif guna memacu pertumbuhan ekonomi. Terimakasih kepada seluruh komunitas security maupun personil Satpam, serta segenap stakeholders terkait lainnya atas dukungan kepada institusi Polri dalam menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif, semoga kerja sama ini dapat terpelihara dengan baik dan terus di tingkatkan. Selamat Ulang Tahun ke-38 kepada seluruh personil Satpam di manapun bertugas “ katanya. 


Sebelumnya, pada upacara HUT Satpam ke 38 dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH, diikuti peserta upacara para Satpam dari seluruh perusahaan pemerintah dan swasta se wilayah hukum Polres Tapsel meliputi Kabupaten Tapsel, Paluta dan Palas dihadiri Dandim 0212/TS diwakili Kapten Inf. Bakhtiar, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (ka Lapas) Kelas II B Sipirok Firman Bangun, para pimpinan perusahaan se wilayah Hukum Polres Tapsel, PeJabat Utama (PJU) Polres Tapsel, para Kapolsek dan personil Polsuspas Lapas Sipirok.

Amanat Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian yang di bacakan Kapolres Tapsel Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH mengharapkan, mementum HUT Satpam ke 38 tahun 2018 ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja Satpam, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan dating.

Dikatakan, kemajuan teknologi dan kemudahan distribusi informasi sebagai ciri dari globalisasi, ini merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan pada nasional, bangsa Indonesia tengah menyambut agenda Pemilu tahun 2019, sebagai wujud dari pesta demokrasi, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan di gelar secara serentak pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Kondisi tersebut muncul beberapa potensi kerawanan yang harus di antisipasi, baik pada tahap kampanye, pemungutan, penghitungan, rekapitulasi suara, potensi pemanfaatan isu SARA dan politik identitas, serta penyebaran  hoax dan hatespeech yang berpotensi konflik.

“ Sehubungan dengan hal tersebut, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, di tuntut semakin profesional. Satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkan kepada pihak Kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi, “ terangnya.

Kapolri juga memberikan beberapa penekanan kepada seluruh Satpam untuk di pedomani dan dilaksanakan, yakni, senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap  Tuhan Yang Maha Esa, Jaga kehormatan pribadi dengan berpegang teguh pada kode etik dan profesi Satpam serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Tingkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja, sehingga segera di antisipasi dengan optimal, senantiasa meningkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung pelaksanaan tugas serta bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerja sama, sinergis dengan jajaran Polri dan seluruh stakeholders lainnya dalam memelihara keamanan lingkungan kerja.

Usai upacara, dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan piala pemenang perlombaan antar Satpam seperti, dril borgol dan tongkat, Peragaan Baris Berbaris (PBB) dan cerdas cermat yang telah dilaksanakan sebelumnya serta pertunjukkan peragaan drill borgol dan tongkat yang dibawakan oleh personil Satpam terbaik yang telah dipilih oleh Polres Tapsel melalui Sat Binmas Polres Tapsel.  (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini