MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Kemenkeu Raih Penghargaan APE

harian9.com author photo

JAKARTA| H9
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Mentor. Penghargaan APE 2018 diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Sumiyati, sebagai perwakilan Kemenkeu pada Rabu (19/12) di Istana Wakil Presiden, Jakarta. 

Kategori Mentor diberikan kepada Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda) yang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan berbagai inovasi dan menjadi tempat serta sumber belajar yang menjadikan inspirasi dan rujukan bagi K/L dan Pemda lainnya tentang program pemberdayaan dan perlindungan perempuan serta secara pengintegrasian isu gender dan perlindungan perempuan.

APE 2018 diberikan kepada 9 K/L, 22 Pemerintah tingkat Provinsi (Pemprov), dan 159 Pemerintah Tingkat Kabupaten/Kota (Pemkab/Pemkot). APE adalah sebuah penghargaan sekaligus bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran para pemimpin K/L dan Pemda yang telah melaksanakan dimensi operasional pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan perempuan. 

Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan memberikan penghargaan APE sejak tahun 2004.

Wakil Presiden memberikan ucapan selamat kepada seluruh instansi yang telah berhasil meraih penghargaan ini.   

“Semoga dengan pertemuan ini menjadi contoh yang baik, upaya kita mensejahterakan bangsa secara keseluruhan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, APE dibagi menjadi 4 kategori, yaitu Pratama, Madya, Utama, dan Mentor. Selain keempat kategori  tersebut, Penghargaan Khusus juga diberikan kepada Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengingat peran aktif Menko PMK dalam menggerakkan strategi PUG dalam pembangunan. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar

Kemenkeu, kembali menerima penghargaan APE kategori Mentor. Penghargaan APE 2018 diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Sumiyati, sebagai perwakilan Kemenkeu pada Rabu (19/12) di Istana Wakil Presiden, Jakarta. (Foto: kemenkeu)


Komentar Anda

Berita Terkini