MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Kepala Mukim Kota Kualasimpang Dilantik

harian9.com author photo

ACEH TAMIANG| H9
Pelantikan dan pengambilan sumpah kepala Mukim kecamatan Kota Kualasimpang berjalan khidmat di aula pertemuan gedung camat Kota Kualasimpang, Jumat (14/12/2018) oleh camat Kota Kualasimpang Aulia Azhari, S.STP pada pukul 14:00 Sore. 

Muhammad Yunus resmi dilantik selaku kepala mukim yang baru, periode 2018 - 2023 sebelumnya terpilih secara aklamasi pada September 2018 yang lalu.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah serta serah terima jabatan kepala mukim di saksikan oleh Forkopicam, diantaranya Kapolsek Kota Kualasimpang di wakili oleh Wakapolsek IPTU Zulfikar, Danramil Kecamatan Kota Kualasimpang di wakili oleh Batuud Koramil 01/KSP Serma Sarbaini, para Datok Penghulu Kecamatan Kota Kualasimpang, para ketua MDSK kecamatan Kota Kualasimpang, para Tok Imam Kampung Kecamatan Kota Kualasimpang, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Sekcam, para Kasi Kecamatan Kota Kualasimpang dan tamu undangan.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada kepala Mukim lama Bapak Idris Bardan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik pada periode sebelumnya dan selamat bertugas pula Bapak Muhammad Yunus selaku kepala mukim yang baru," ujar Camat Kota Kualasimpang Aulia dalam kata sambutannya.

Sejenak tadi telah sama-sama kita ikuti secara khidmat prosesi pelantikan dan serah terima jabatan kepala mukim kota kualasimpang, yang mana Bupati Aceh Tamiang telah melimpahkan kewenangan kepada Camat untuk melaksanakan serah terima jabatan Datok Penghulu, pejabat datok penghulu dan kepala mukim diwilayah masing-masing.

Pelantikan dan serah terima jabatan merupakan akhir-akhir dari rangkaian pemilihan kepala mukim kota Kualasimpang, sebagaimana telah diamanatkan dalam Qanun No 3 Tahun 2009 serta memiliki maksud dan tujuan, yaitu mendukung kelancaran tugas yang dilaksanakan kepala mukim kedepannya. 

"Mukim bukan saja berperan aktif dalam mengendalikan jalannya roda pemerintahan kampung, tetapi juga memelihara ketertiban, kerukunan, ketentraman dan pembangunan masyarakat," tegasnya.

Menurut Aulia Azhar, S.STP, dengan adanya dana Desa yang masuk ke kampung mungkin dituntut untuk harus berperan aktif dalam rangka proses pembangunan kampung, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan kemasyarakatan. 

"Kami mintakan kepada para Datok Penghulu agar mendukung tugas dan fungsi mukim kota kualasimpang serta menjalin sinergitas yang baik dengan unsur kemukiman, bersama-sama kita kuatkan kembali peran mukim dalam penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kecamatan agar kedepannya kota kualasimpang dapat menjadi kecamatan terbaik dalam kabupaten Aceh Tamiang," pungkasnya. (Jas9)
Editor: Mardan H Siregar

 (Foto: Jasmani)


Komentar Anda

Berita Terkini