MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

KPU Tapsel Sosialisasi Pendidikan Pemilih Forum Warga Berbasis Keluarga

Harian 9 author photo
Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak, M.Hum memberikan paparan pada acara Sosialisasi Pendidikan Pemilih Forum Warga Berbasis Keluarga, di Desa Tindoan Laut Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapsel, Sabtu (8/12). (Foto : Riswandy)


TAPSEL| H9
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), secara gencar melakukan kegiatan sosialisasi tentang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yakni Presiden-Wakil Presiden dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019.

Salah satu kegiatan sosialisasi yang bertemakan, ‘Sosialisasi Pendidikan Pemilih Forum Warga Berbasis Keluarga’, dilaksanakan di Desa Tindoan Laut Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapsel, Sabtu (8/12).

Tampil sebagai narasumber pada kegiatan tersebut yakni Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak, M.Hum, Syawaluddin Lubis, Kemri Safii, dihadiri Sekretaris KPU Haris Ritonga, Camat Angkola Sangkunur, Forkopimcam, Kepala Desa dan masyarakat Desa Tindoan Laut.

Ketua KPU Tapsel panataran Simanjuntak, Rabu (12/12) mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2018 Tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Adapun tujuan dari sosialisasi tersebut untuk mengajak warga / masyarakat agar sadar memilih pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif 2019 mendatang dan diharapkan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten tapsel agar tidak golput.

“ Ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih berbasis keluarga, yang tahapannya akan dirangkai dengan sosialisasi yang dilakukan berbasiskan daerah Pemilihan, (Dapil), ” ungkap Panataran.

Ia menjelaskan, materi sosialisasi yang disampaikan adalah terkait dengan Undang-Undang Nomor Tahun 2017, tahapan Pemilu 2019, sistem Pemilu, pengenalan surat suara, tata cara pindah memilih, serta hal hal teknis terkait Pemilu 2019.

Selain itu, Panataran juga menyampaikan sosialisasi tersebut sangat memiliki arti penting bagi keluarga sebagai tempat yang paling utama bagi proses pewarisan dan penanaman berbagai nilali-nilai Dmokrasi.

“ Keluarga merupakan tempat paling strategis untuk melakukan kegiatan sosiialisasi, termasuk sosialisasi tentang Pemilu dan penanaman  nilai-nilai demokrasi, ” ungkap panataran dalam paparannya.

Pihaknya juga sangat berterimakasih, karena masyarakat sangat antusias mengikuti sosialisasi tersebut dan tentunya, harapan kita hal ini akan mendorong agar masyarakat lebih berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang.

Dalam proses tanya jawab, kata Panataran, masyarakat banyak memberikan masukan, antara lain agar KPU Tapsel melakukan sosialisasi secara berkesinambungan dan intensif agar hasilnya lebih maksimal. (Wan9).
Komentar Anda

Berita Terkini