Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Longsor Putuskan Jalur Lintas Transportasi di Tapsel

Harian 9 author photo
Jalinsum Sayur Matinggi Kabupaten Tapsel kembali normal setelah tertimbun longsor dan banjir yang melanda wilayah tersebut, Kamis (6/12), sekira pukul 02.00 Wib. (Foto : Riswandy)


TAPSEL| H9
Hujan deras yang disertai angin kencang, menyebabkan sejumlah badan jalan di ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Sayur  Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) putus total akibat tertimbun longsor di dua titik selama 2 jam, Kamis (6/12), sekira pukul 02.00 Wib.

Selain menimbun badan jalan di dua titik yakni di Jalinsum Desa Silaiya dan Desa Aek Libung, longsoran material tanah dan bebatuan yang jatuh dari tebing bukit di sekitar pinggir Jalinsum juga merobohkan satu buah tiang listrik milik PT.PLN dan pepohonan besar yang ada di tebing bukit, sehingga menutupi badan jalan.

Sementara itu, banjir setinggi 1 meter juga merendam 25 rumah warga akibat luapan sungai Batang Angkola di Desa Pargumbangan, Desa Sitampa Simatoras dan Desa Janji Manaon Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapsel. Guna menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, warga terpaksa di evakuasi dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel H. Ilham Suhardi, SH, melalui Sekretaris Umar Halomoan Daulay, S.Pd mengatakan, longsor dan banjir yang melanda sebahagian wilayah Kabupaten Tapsel, diakibatkan hujan deras yang disertai angin kencang menerpa wilayah tersebut, sehingga memutuskan jalur lalu lintas dan jaringan listrik selama hampir 2 jam.

" Longsor dan banjir terjadi sekira pukul 02.00 Wib dan kembali normal sekira pukul 04.00 Wib, setelah pihak PT PLN (Persero) Area Padangsidimpuan turun ke lokasi dan memperbaiki jaringan listrik. Demikian juga alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tapsel turut melakukan pembersihan material longsor di Jalinsum, sehingga arus lalu lintas sudah kembali normal, " terang Umar.

Ia menambahkan, dalam peristiwa tersebut, hampir seluruh personil BPBD Tapsel diterjunkan ke lokasi bencana guna membantu masyarakat yang terkena bencana banjir, sekaligus melakukan  normalisasi arus lalu lintas yang sempat terputus akibat longsoran material tanah, pepohonan dan batu-batuan yang menimbun Jalinsum.  

" Tim BPBD bersama instansi terkait seperti Dinas PU Tapsel dan  personil PLN juga turut melakukan pembersihan badan jalan dan perbaikan jaringan listrik. Demikian juga di lokasi banjir, kami juga terus melakukan pemantauan dan mendata segala kerusakan yang timbul, " tuturnya.  (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini