MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Masyarakat Harus Didorong Miliki Keterampilan Mengembangkan Potensi Membuka Usaha

Harian 9 author photo
Kadis Perdagangan Kota Padangsidimpuan Sapri Dewasa (Foto : Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| H9
Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melalui Dinas Perdagangan menggelar pelatihan Kewirausahaan dan Pengembangan Usaha Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Angkatan I Tahun 2018 yang berlangsung selama 3 hari (12 s/d 14 Desember) di Aula MAN 2 Padangsidimpuan

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Staf Ahli Bidang Perhubungan Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM-RI serta dari Lembaga Profesi Universita Pembangunan Panca Budi Toto Budiarto dan Rahmat Hidayatdibuka oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, dihadiri Kadis Perindag  Kota Padangsidimpuan Sapri Dewasa dan pelaku UKM dari 6 Kecamatan Kota Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengatakan, kegiatan ini sangat penting  dalam rangka pengembangan terhadap UKM guna mengembangkan keterampilan potensi membuka usaha.

“ Pelatihan seperti ini perlu dikembangkan guna meningkatkan kualitas UKM dan kedepan harus ada inovatif serta perbaikan, sekaligus mendukung masyarakat dan pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya, “ terang Irsan.

Ia menambahkan, sumber daya kita semakin terbatas dengan peralihfungsian lahan persawahan menjadi pemukiman. Untuk itu kedepan masyarakat didorong memiliki keterampilan memiliki inovasi untuk mengembangkan potensi membuka usaha.

“ Saya berharap kepada Dinas Perdagangan setelah kegiatan pelatihan ini, pelaku usaha kita jangan di lepas. Tetapi harus tetap di monitoring, apa yang diperlukan masyarakat kita bantu, sampai masyarakat kita bisa mandiri dan berdikari. Disamping itu juga, pemerintah harus bisa menjadi pasar bagi pelaku UKM, “ katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Pemko Padangsidimpuan Sapri Dewasa mengharapkan UKM dapat memainkan perannya sebagai wadah ekonomi masyarakat, terutama bagi perajin, dalam memenuhi kebutuhan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat dalam mengembangkan usahanya. 

“ Saya mengharapkan kegiatan pelatihan kewirausaan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan, khususnya bagi usaha yang selama ini sudah mereka jalankan dan melalui Dinas Perdagangan, kami akan melirik potensi produk dari bapak-ibu untuk kita jadikan Produk Unggulan Daerah (PUD). “ jelas Sapri.  (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini