MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Ny. Popy Isfan F. Fachruddin Mewakili Ketua TP PKK Kota Medan Hadiri Hari CTPS Sedunia

harian9.com author photo

MEDAN| H9
Ny Popy Isfan F Fachruddin Mewakili Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Ny. Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin menghadiri kegiatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia di SD 067255 Kecamatan Medan Deli, Selasa (18/12/2018). 

Dalam kehadirannya, Ny Popy sangat mengapresiasi kerja panitia yang cukup baik dan rapi, baik penyelenggaraan maupun materi acaranya yang sekaligus menampilkan beberapa kreatifitas seni siswa. 

"Kita mengapresiasi kerja panitia yang cukup baik dan rapi, baik dalam hal penyelenggaraan maupun materi acara yang terarah. Bahkan dapat menampilkan beberapa kreatifitas seni siswa dengan efesiensi waktu yang tepat," ucapnya.

Sementara itu sambutan Ketua TP PKK Kota Medan  Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin yang dibacakan Ny Popy menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan serentak di sejumlah SD di Kota Medan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dalam upaya mengkampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Maka yang dilakukan adalah mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun atau biasa disebut dengan "Cuci Tangan Pakai Sabun" (CPTS) 

"Kegiatan ini kita laksanakan dengan mengkampanyekan dan memperagakan kepada murid-murid sekolah dasar. Agar dengan melakukan CPTS membuktikan dapat menurunkan penyakit diare 40 persen dan ispa 20 persen," ucapnya. 

Disebutkannya, sehat merupakan hak setiap individu, dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam gaya hidup sehari hari. Maka untuk itu perlu adanya pembinaan dan penyuluhan yang berkesinambungan kepada semua anggota keluarga, agar mereka mau dan mampu atas kesadaran sendiri melakukan PHBS ini. 

"Oleh karena itu saya mengharapkan kepada seluruh Tim Penggerak PKK beserta para Kader PKK ditingkat kelurahan  dan lingkungan dapat menggerakkan warga masyarakat agar membiasakan hidup lebih sehat dengan memulai gerakan CPTS," sebutnya.

Menurutnya, menggerakkan dan membudayakan masyarakat untuk melakukan PHBS secara teus menerus mempercepat terwujudnya rumah tangga yang ber PHBS. 

Ditambhakannya, dalam hal meningkatkan kesadaran masyarakat dalam PHBS, dirasa perlu melakukan kampanye tentang pentinnya memiliki tangki septik yang kedap. Hal itu  sebagai bentuk dari penggunaan sistem sanitasi air dan limbah rumah tangga yang layah dan aman, sehingga tidak mencemari lingkungan sekitarnya. 

Hadir dalam kegiatan itu, Camat Medan Deli, Kepala Puskesmas kecamatan Medan Deli, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Medan Deli, Ketua beserta Kader TP PKK Kecamatan Medan Deli, Kepala Sekolah SDN 067255 beserta Guru, beberapa Kepala Sekolah SDN di kecamatan Medan Deli, seluruh murid SDN 067255 dan beberapa perwakilan mutid SDN terdekat beserta seluruh undangan. 

Acara dilanjutkan dengan kampanye dan peragaan  cuci tangan pakai sabun dimulai dari Ny Popy dilanjutkan dengan Camat Medan Deli dan pejabat tokoh lainnya yang hadir. (o1)             

Komentar Anda

Berita Terkini