MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Pemerhati Kepolisian Dukung Kinerja Kepolisian Ciptakan Iklim Yang Kondusif di Wilayah Hukum Polres Tapsel.

harian9.com author photo
Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH saat bersilaturrahmi dengan para ulama di wilayah hukumnya baru-baru ini. (Foto: Riswandy)


TAPSEL| H9
Walau baru satu bulan bertugas di Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH langsung membuat gebrakan dengan cara-cara yang simpatik, diantaranya kunjungan ke Polsek-Polsek untuk mengenal lebih dekat kondisi personilnya di bawah dan secara rutin mendatangi masyarakat yang ada di wilayah hukumnya guna melihat langsung kondisi warga masyarakat serta menyerap aspirasi warga dalam hal Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), serta selalu bersilaturrahmi dengan para pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan juga kalangan insan pers.

Melihat dari cara kerja Kapolres Tapsel yang cepat akrab dengan berbagai elemen masyarakat, sehingga terciptanya suasana kondusif khususnya jelang hari besar keagamaan yakni Natal dan pergantian tahun serta dalam menghadapi tahun politik yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  di wilayah hokum Polres Tapsel meliputi Kabupaten Tapsel, Paluta dan Palas, Pemerhati Kepolisian Malik Assalih Harahap, ST langsung angkat bicara dan mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah hokum Polres Tapsel untuk memberikan support dan dukungan kepada Kapolres Tapsel dalam tugas menjaga kekondusifan.

“Tentunya, menjelang hari besar keagamaan yakni Natal dan pergantian tahun, dikhawatirkan tingkat gangguan Kamtibamas akan meningkat terutama tindak pidana Pencurian Dengan Kekerasan (Curas), Pencurian Kenderaan Bermotor (Curanmor) dan Pencurian Dengan Pemberatan (Curat). Tapi saya yakin, segala gangguan Kamtibmas tersebut dapat diatasi asal seluruh elemen masyaralat bersati membantu tugas Kepolisian,“ ujar Malik Assalih, Jumat (21/12).

Ia menambahkan, apa yang dilakukan Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH dengan langsung turun ke Polsek-Polsek, sudah merupakan langkah tepat. Karena disamping untuk bertatap muka langsung dengan personil Polsek, juga sangat bermanfaat sebagai salah satu langkah komunikasi langsung dengan masyarakat.

“Hal ini juga sudah dilakukan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dalam program 100 hari kerjanya, yang dengan rutin dengan mengunjungi berbagai Polres serta melakukan tatap muka dengan masyarakat baik di Mapolda Sumut maupun dilapangan,“ terangnya.

Menurut Malik, dari track recordnya sendiri, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH yang merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan tahun 2000 ini terkenal humanis dan tegas. 

Hal ini terlihat sewaktu beliau menjabat Kapolsek Metro Setia Budi Polresta Jakarta Selatan, Polda Metro Jaya. Beliau tidak segan segan menindak tegas para pelaku kejahatan termasuk pemberantasan narkoba dan begal yang sangat marak di wilayah Jakarta Selatan.

“Dengan keprofesional selama bertugas di Jakarta, AKBP Irwa Zaini Adib berhasil menekan angka kriminaltas dan bisa menjaga kekondusifan sehingga oleh pimpinan Polri mempromosikannya menjadi Kapolres Tapsel dan walaupun kondisi Jakarta dengan Tapsel jauh berbeda, tentu sebagai aparat Polri ia juga akan melalukan tidakan-tindakan tegas terhadap pelaku kejahatan dengan meningkatkan patroli atau razia dengan tujuan menjaga Kamtibmas dan harapan kita suasana kondusif tetap terjaga di wilayah hukum Polres Tapsel ini,“ tuturnya.

Malik juga menyampaikan, menjelang Pilpres dan Pileg tentu kita harus mendukung tugas-tugas Polri dalam menciptakan Kamtibmas. Polri sebagai garda terdepan dalam pemelihara Kamtibmas harus didukung semua pihak. 

Perbedaan pilihan itu hal hal lumrah dalam berdemokrasi yang penting jangan gara gara Pilpres dan Pileg hubungan persaudaraan terganggu dan terputus.

“Mari kita jadikan perbedaan untuk memperkokoh Persatuan dan Kesatuan. Mari kita hindari fitnah dan adu domba serta berita hoax, karena dengan kita hidup dengan kondusif akan membuat Indonesia menjadi negara yang aman dan damai dan juga wilayah hukum Polres Tapsel semakin sejuk,“ papar mantan aktivis Mahasiswa 98 ini. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar


Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH, bersama Ketua Bhayangkari Polres Tapsel Ny. Irwa Zaini menyerahkan bantuan kepada kaum dhuafa dalam acara bakti social di wilayah hokum Polres Tapsel baru-baru ini. (Foto: Riswandy)







Komentar Anda

Berita Terkini