MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Pemkab Paluta Bantu Korban Banjir Sungai Rodang Simangambat

harian9.com author photo

PALUTA| H9
Berikan perhatian dan kepedulian terhadap warga, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Senin (17/12) sore serahkan bantuan kepada warga Dusun Sungai Rodang, Desa Pagaran Julu, Kecamatan Simangambat yang menjadi korban banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu.

Penyerahan bantuan berupa paket sembako itu langsung diserahkan Plt Kepala BPBD Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP didampingi Kabid Kedaruratan Nuar Siregar dan di terima salah satu tokoh masyarakat H Bisman Nasution dan warga setempat.

Lanjutnya, sembako yang diberikan kepada korban kiranya dapat mengurangi beban dan bisa dimanfaatkan serta penyerahan bantuan bagi korban banjir ini sebagai upaya perlindungan bagi korban dan wujud dari kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya. 

"Penyerahan sembako berupa beras dan bahan makanan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemkab Paluta kepada korban banjir," kata Plt Kepala BPBD Ridwan Efendi Daulay SSTP.

Sementara, tokoh masyarakat setempat H Bisman Nasution mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Bupati Paluta Andar Amin Harahap, pemberian bantuan berupa sembako ini adalah bukti wujud kecintaan dan kepedulian Pemkab Paluta kepada masyarakatnya.

Kemudian di hadapan warga disaat penyerahan bantuan sembako ia mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan dan sekaligus menyampaikan nasehat apabila keesokannya air meninggi kepada warga ia mengatakan tetap waspada dan segera laporkan agar bisa ditangani sedini mungkin. 

Tak lupa pihak Kecamatan saat ini juga menyediakan tim medis yang selalu siaga karena tak bisa di hindari dampak dari bencana banjir tersebut pasti akan membawa wabah penyakit khususnya bagi anak-anak maupun orangtua lanjut usia. 

"Mewakili masyarakat setempat, kami berterima kasih kepada pemerintah khususnya Bapak Bupati Paluta Andar Amin Harahap dengan bantuan ini diharapkan bisa menjadi pengobat duka karena harus kita akui kondisi warga saat ini memang butuh sekali bantuan," kata H Bisman.

H Bisman juga mengakui bahwa masyarakat setempat sangat mendambakan pembangunan tanggul penahan luapan air sungai agar bencana banjir yang menjadi langganan tiap tahunnya bisa teratasi.

Menurutnya dengan pembangunan tanggul sepanjang 200-300 meter dengan ketinggian 2 meter cukup maksimal untuk mengatasi luapan air sungai ini. 

"Banjir ini tidak mengherankan lagi bagi kami, tiap tahun pasti akan kami alami. Harapan kami pemerintah segera mendirikan tanggul di sekeliling kampung ini," harapnya. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar

Plt Kepala BPBD Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP serahkan bantuan sembako kepada masyarakat Dusun Sungai Rodang, Desa Pagaran Julu, Kecamatan Simangambat, Senin (17/12) sore. (Foto: Akhir S Rambe)









Komentar Anda

Berita Terkini