Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Plt. Sestama Bakamla Siapkan Personel Monitor Rutin Situasi Kamla Indonesia

Harian 9 author photo


JAKARTA| H9
Plt. Sestama Bakamla RI Laksma Bakamla Eko Jokowiyono, S.E., M.Si. mengajak dan mempersiapkan personel Bakamla untuk memaksimalkan segala potensi yang dimiliki Bakamla dalam mekanisme monitoring rutin situasi keamanan dan keselamatan laut perairan Indonesia di ruang Podcast, Markas Komando Bakamla RI, Jalan Proklamasi No. 56 Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Empat satuan kerja akan terlibat langsung dalam kegiatan ini, yakni Kantor Pengelola Informasi Marabahaya Laut (KPIML), Direktorat Operasi Laut, Direktorat Data dan Informasi, serta sub bagian Humas. Empat komponen ini secara bersama-sama akan mengawali setiap pagi dengan rutinitas monitoring dan pelaporan situasi sesuai tugas masing-masing.

Uji coba telah dimulai pagi tadi, disaksikan langsung oleh Plt. Sestama yang sehari hari menjabat pula sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla. Presentasi dimulai dengan penyampaian informasi Humas Bakamla, yang disampaikan oleh Kasubbag Humas Letkol Bakamla Mardiono. Dijabarkannya tentang kegiatan Bakamla pada dua hari terakhir, meliputi kegiatan tes kompetensi bidang melalui tes renang serta kunjungan Japans National Security Secretariat ke Mako Bakamla untuk menjalin kerjasama bilateral tentang keamanan laut antar dua negara.

Setelah itu paparan dilanjutkan oleh Letkol  Bakamla Tuti Ida Halida, Kasi Pemantauan Data dan Jaringan Satelit,  menjabarkan antara lain fisheries protection berupa peta penyebaran kapal ikan, data Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), traffic monitoring atau pantauan data kapal terdeteksi, sistem peringatan dini terkait kondisi cuaca dan tinggi gelombang, serta berita keamanan dan keselamatan laut. Selain itu disajikan pula data anomali kapal yang didapatkan oleh para pengawak KPIML.

Melengkapi hasil pantauan KPIML, selanjutnya Direktorat Datin diwakili Mayor Bakamla Adriansyah P. Harahap menyampaikan hasil analisa terhadap pantauan/monitoring kapal yang telah diperoleh serta hasil analisa terhadap data anomali kapal. Terakhir Mayor Bakamla Prabu Airlangga memaparkan seluruh gelaran unsur Bakamla beserta aktivitasnya.

Terlihat Laksma Bakamla Eko memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan yang disampaikan. Diapresiasinya pula sajian informasi yang diberikan dengan beberapa koreksi untuk perbaikan. **
Komentar Anda

Berita Terkini