MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 MENYAMPAIKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS WAFATNYA BAPAK PROF. Dr. Ing H. BJ. HABIBIE. IN SYAA ALLAH HUSNUL KHATIMAH. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN TEMPAT TERBAIK DI SURGA-NYA. AAMIIN"

Polres, Pemkab dan BNNK Tapsel Tes Urine Sopir Bus di Jalinsum Batang Angkola

harian9 author photo
Tim gabungan foto bersama usai menggelar tes urine terhadap sopir bus angkutan umum di Jalinsum Kabupaten Tapsel- Kabupaten Madina di Kelurahan Pintupadang I Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapsel, Senin (24/12). (Foto : Riswandy)









TAPSEL| H9
Mengantisipasi penggunaan narkoba oleh pengemudi kenderaan umum saat membawa penumpang yang akan mudik menghadapi hari besar keagamaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, tim gabungan dari Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), dari Satuan Narkotika dan Obat (Sat Narkoba), Pemkab Tapsel dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tapsel, melakukan tes urin terhadap sopir bus angkutan umum di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kabupaten Tapsel- Kabupaten Mandaling Natal (Madina) di Kelurahan Pintupadang I Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapsel, Senin (24/12).

Tes urine narkoba yang dilakukan secara acak terhadap sopir angkutan umum yang melintas saat membawa  penumpang mudik di Jalinsum tersebut, dipimpin Kasat Resnarkoba Polres Tapsel AKP Zulfikar, SH dan Kepala BNNK Tapsel AKBP. Dra. Siti Aminah Siregar, didampingi KBO Resnarkoba Iptu Edi Irawan, dengan melibatkan 56 orang personil, terdiri dari 30 personil Polres Tapsel dari seluruh Satuan, 7 personil BNNK Tapsel, 2 personil TNI, 2 personil Sub Denpom ½-3 Padangsidimpuan, 9 personil Sat Pol PP Tapsel dan 6 personil Dihub Tapsel. 


Pada kesempatan itu, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH melalui Kasat Resnarkoba Polres Tapsel AKP Zulfikar, SH mengatakan razia gabungan dengan sasaran test urine dan penyalahgunaan narkoba terhadap supir angkutan umum maupun pribadi dan yang dilaksanakan mulai pukul 08.30 Wib dan dari hasil pengecekan terhadap 12 orang pengemudi angkutan,  hasilnya negatif narkoba. 


Menurut Kasat, selain melakukaan tes urine, tim gabungan juga melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap kenderaan maupun barang-barang bawaan baik milik pengemudi maupun penumpang, berupa tas, koper, paket, benda milik pribadi yang disimpan dalam pakaian atau badan berupa dompet, handphone, tas, dengan sasaran adanya memiliki, menguasai, menyimpan dan penyalahgunaan narkotika serta ban kendaraan, ban serap, bagasi kendaraan serta kelengkapan lain yang dicurigai disalahgunakan untuk menyimpan narkotika

“ Tes urine ini merupakan bentuk kepedulian yang diberikan pihaknya kepada para pemudik. Dimana, pihaknya berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan kenyamanan kepada para pemudik hingga tiba di tempat tujuan.

 “ Ini bentuk keseriusan dari pemerintah terhadap para pemudik yang sasarannya sopir untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yang disebabkan karena terindikasi pengemudi yang positif narkoba dan kondisi badan yang kurang sehat, “ kata Kasat.

Kasat menambahkan, selain tes urine, petugas juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Tapsel melakukan pengecekan kesehatan para pengemudi. Pengecekan ini pun dilakukan dengan tetap mempertimbangkan arus mudik supaya tidak menghalangi perjalanan dari bus yang akan mengantarkan para pemudik.

“ Kita akan terus melakukan tes urine selama hari besar keagamaan ini dan upaya yang dilakukan ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh kondisi dari pengemudi dan  kegiatan ini kita lakukan guna memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas kepada para pengemudik, “ ucapnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Tapsel AKBP. Dra. Siti Aminah Siregar menyampaikan, Kadis kegiatan ini sangat positif di laksanakan bagi supir angkutan umum, mengingat para pengemudi bus umum sebagai angkutan masyarakat dan sangat besar manfaatnya apabila seorang pengemudi memahami resiko dan bahaya narkoba.

“ Apabila pengemudi menyadari bahwa resiko dan bahaya narkoba, berarti pengaruhnya sangat besar untuk penyelamatan nyawa penumpang dan mengurangi kecelakaan lalu lintas dan para supir angkutan umum merupakan ujung tombak dalam penyelamatan ribuan nyawa penumpang, “ katanya. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini