MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

PT. Sinar Kaloy Diduga Menyerobot Lahan Masyarakat

harian9.com author photo


ACEH TAMIANG| H9 
PT. Sinar Kaloy diduga menyerobot lahan masyarakat, hal tersebut terungkap setelah puluhan masyarakat korban penyerobotan lahan menyampaikan keluhannya pada para wartawan, beberapa waktu lalu dan untuk memperjelas yang disampaikan oleh masyarakat, dilakukan konfirmasi pada pihak Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang. Senin (17/12/2018).

Imran, SP Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas terkait, menyangkut PT. Sinar Kaloy menyampaikan,"sekitar delapan bulan yang lalu, kami ada mendengar penyelesaian sengketa lahan dengan masyarakat, kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Camat Tamiang Hulu, tapi pihak Dinas tidak dilibatkan", tegasnya.

"Saat ini data  pada Dinas Pertanian, bahwa Hak Guna Usaha (HGU) PT. Sinar Kaloy seluas 500 hektar sesuai uraian yang terdapat di sertifikat tahun 2007, namun jika terjadi sengketa, hal itu merupakan kewenangan Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang menetapkan tapal batas.

Imran menambahkan,"diketahui PT.Sinar Kaloy dipimpin oleh almarhum SK dan sekarang dibawah AG, dengan humasnya UN, mereka pernah mengajukan izin lokasi seluas 200 hektar dan rekomendasi itu pernah diberikan, tapi izin itu telah mati", terangnya.

"Dari permintaan izin lokasi, hanya sekitar 34 hektar yang di setujui, hal tersebut karena topografinya terlalu tinggi, sehingga tidak cocok untuk tanaman sawit.

Imran juga menambahkan,"kepada masyarakat yang mengalami sengketa lahan dengan PT. Sinar Kaloy, agar segera menyurati Dinas terkait, untuk dapat dicari penyelesaiannya", himbaunya. (Dani9)
Komentar Anda

Berita Terkini