MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Satpam Sangat Dibutuhkan Sebagai Perpanjangan Tangan Polri

Harian 9 author photo
Kapolres AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH menyerahkan nasi tumpeng kepada personil Satpam tertua dan termuda pada acara resepsi HUT Satpam ke-38 tahun 2018 yang dilaksanakan di lapangan futsal Mapolres Tapsel, Minggu (30/12). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| H9
Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH mengatakan, saat ini keberadaan Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai mitra kerja terdekat bagi Kepolisian sangat dibutuhkan sebagai perpanjangan tangan Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban khususnya pada suatu objek.

Hal itu disampaikan Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH dalam sambutannya pada acara resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke-38 tahun 2018 yang dilaksanakan secara sederhana di lapangan futsal Mapolres Tapsel, Minggu (30/12).

Pada acara resepsi HUT Satpam tersebut, dihadiri Dandim 0212/TS diwakili Kapten Inf. Bakhtiar, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Ka Lapas) Kelas II B Sipirok Firman Bangun, para pimpinan perusahaan se wilayah Hukum Polres Tapsel, PeJabat Utama (PJU) Polres Tapsel, para Kapolsek dan personil Polsuspas Lapas Sipirok, serta personil  Satpam dari seluruh instansi pemerintah dan swasta se wilayah hukum Polres Tapsel meliputi Kabupaten Tapsel, Paluta dan Palas.

Lebih lanjut dikatakan, Satpam yang terdiri dari petugas-petugas terlatih dan terampil  dan berperan sangat penting dalam menjaga sentra-sentra perekonomian, sekolah, rumah sakit, tempat-tempat pelayanan masyarakat sampai instansi-instansi pemerintah.

“Sesuai dengan tema, yakni, ‘Melalui Peningkatan Kompetensi, Kita Wujudkan Profesionalisme Satpam dalam rangka Menciptakan Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kerja’, peringatan HUT Satpam ini diharapkan jadi momentum untuk mengevaluasi kinerja sekaligus refleksi pemuliaan profesi satuan pengamanan, sebagai sebuah pekerjaan yang dibutuhkan kehadirannya, patut untuk dihargai, serta harus terus ditingkatkan kemampuannya,“ tuturnya.

Kapolres juga memberikan penekanan beberapa hal kepada personel Satpam, yakni agar menjadikan pelaksanaan tugas sebagai bagian dari ibadah, tanamkan dalam mindset bahwa profesi Satpam adalah profesi yang luhur.

“Tugas Satpam adalah tugas yang penuh kemuliaan dan diharapkan para Satpam untuk terus meningkatkan ketrampilan dan komunikasi baik antar sesame dengan personel maupun dengan dan personil Polri,“ terang Kapolres.

Sementara mewakili salah seorang perwakilan Satpam menyampaikan, 38 tahun yang lalu, Satpam dibentuk oleh Kapolri pada masa itu Jendral Polisi Prof. Dr. Awaluddin Djamin, yang menyadari bahwa kebutuhan akan rasa aman tidak bisa diemban oleh Polri semata.

Pada resepsi tersebut, Kapolres AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH melakukan pemotongan tumpeng dan diberikan kepada anggota Satpam tertua Dulhak hasibuan dan personil Satpam termuda Zulian Bagus Suhendra Harahap. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 


Kapolres AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH bersama personil, foto bersama dengan personil Satpam pada acara resepsi HUT Satpam ke-38 tahun 2018 yang dilaksanakan di lapangan futsal Mapolres Tapsel, Minggu (30/12). (Foto: Riswandy)


                                                                                







Komentar Anda

Berita Terkini