MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Sudah Inkrah, Kejari Paluta Musnahkan Sejumlah Barang Bukti

Harian 9 author photo
Kejari Paluta musnahkan sejumlah barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap di halaman kantor Kejari Paluta, Rabu (12/12). (AKHIR S RAMBE)


PALUTA| H9
Kejaksaan Negeri Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) memusnahkan sejumlah barang bukti kasus pidana yang proses peradilannya sudah selesai dan berkekuatan hukum di halaman kantor Kejari Paluta, Rabu (12/12).

Kajari Paluta Rizal S Nyaman SH MH mengatakan bahwa seluruh barang bukti kejahatan yang dimusnahkan ini berupa narkoba, sajam dan senpi sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.

“Seluruh barang bukti yang dimusnahkan sudah berkekuatan hukum tetap (Inkrah),” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan pemusnahan barang bukti ini kedepannya kinerja pihak penegak hukum khususnya Kejari Paluta akan semakin meningkat dalam penanganan kasus kejahatan di kabupaten Paluta.


Untuk itu, ia mengajak seluruh pihak elemen masyarakat agar dapat bekerjasama dalam penegakan hukum khususnya narkoba yang sangat merusak generasi muda.

“Kejahatan tidak akan berhenti tanpa ada dukungan keluarga dan elemen masyarakat,” tegasnya.

Sebelumnya, dalam laporan Kasi BB dan BR Pery M Julianto Sitanggang SH MH menyebutkan bahwa barang bukti yang dimusnahkan berupa narkoba, sajam dan senpi adalah barang bukti yang berkekuatan hukum sejak tri wulan terakhir tahun 2017 hingga tahun 2018.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan antara lain narkotika jenis sabu-sabu seberat 45,14 gram dan pil ekstasi seberat 1,8 gram (4 butir) yang dimusnahkan dengan cara dilarutkan, ganja seberat 448,07 gram dimusnahkan dengan cara dibakar, satu pucuk senjata api rakitan (Soft gun) jenis revolver beserta 1 butir peluru aktif dan 3 buah senjata tajam yang dimusnahkan dengan cara dipotong dan dicincang dengan mesin pemotong.

“Narkoba merupakan barang bukti yang paling banyak dan semua BB yang dimusnahkan sudah berkekuatan hukum tetap,” jelasnya.

Pantauan, pemusnahan barang bukti dipimpin oleh Kepala Kejari Paluta Rizal S Nyaman SH MH dan dihadiri oleh Kapolsek Padang Bolak diwakili Kanit Sabhara Nanang AR, Kacab Rutan Gunungtua Sangapta Surbakti, Danramil 05 PB diwakili Subakti, Ketua DPD KNPI Paluta Akhirul Rajak Siregar, Dinkes Paluta diwakili Lia Damanik, Kapus Gunungtua dr Herlina S Batubara, pegawai dan staff dilingkungan Kejari Paluta, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM dan pers beserta undangan lainnya. (Asr9)
Komentar Anda

Berita Terkini