MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Sungai Batang Pane Meluap, Sejumlah Rumah Warga Di Desa Portibi Jae Terendam Banjir

Harian 9 author photo

PALUTA| H9
Sejumlah rumah milik warga desa Portibi Jae, Kecamatan Portibi, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) terendam banjir akibat luapan sungai Batang Pane, Sabtu (15/12).

Meluapnya sungai Batang Pane ini diakibatkan hujan deras yang melanda daerah kabupaten Paluta dalam beberapa hari ini, sehingga warga yang rumahnya terendam banjir terpaksa mengungsikan peralatan rumah tangga agar tidak rusak dan hanyut.

Menurut keterangan dari pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP MSi melalui Kabid Kedaruratan Nuar Siregar mengatakan bahwa banjir merendam sejumlah rumah warga serta areal persawahan milik warga.

Katanya, sekitar 4 unit rumah milik warga di desa Portibi Jae, kecamatan Portibi terendam banjir hingga menggenangi bagian dalam rumah warga dengan ketinggian mencapai 40 Cm dan sejumlah tanaman padi milik warga juga rusak akibat terendam banjir.

“Ada 4 rumah di desa Portibi Jae yang terendam banjir. Kita sudah menurunkan personil TRC untuk membantu mengevakuasi barang-barang milik warga yang sempat terendam banjir,” katanya, Minggu (16/12).

Lanjutnya, setelah menunggu beberapa saat, sekitar pukul 17.00 Wib sore, genangan air yang merendam rumah warga perlahan surut. Personil BPBD membantu warga untuk membersihkan sisa-sisa kotoran akibat banjir.

Masih menurut Nuar, banjir juga menggenangi areal persawahan milik warga sehingga merusak tanaman padi milik warga yang belum diketahui luas sawah yang terendam banjir secara detail.

“Areal persawahan warga juga rusak akibat banjir, tapi belum diketahui secara detail luasan areal sawah warga yang mengalami kerusakan,” ujarnya.

Selain desa Portibi Jae, ada sejumlah desa di kecamatan Portibi yang juga terkena dampak luapan sungai Batang Pane diantaranya desa Portibi Julu, desa Pasir Pinang, desa Bara dan desa Hitang Sasa.

Ia menambahkan, pihak BPBD Paluta bekerjasama dengan pihak TNI AD melalui Babinsa dibantu pihak kepolisian dan pemerintah kecamatan Portibi masih terus melakukan pemantauan serta membantu warga untuk melakukan evakuasi barang dan membersihkan rumah warga yang tergenang banjir.

“Air sudah mulai surut dan sampai saat ini tidak ada korban jiwa akibat bencana banjir dan kerugian belum bisa dipastikan secara keseluruhan. Meski begitu kita masih terus melakukan pemantauan dan bersiaga di lokasi banjir,” pungkasnya. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar

Personil BPBD Paluta dan TNI AD saat membantu warga membersihkan rumah dan mengevakuasi barang milik warga yang terendan banjir akibat luapan Sungai Batang Pane di desa Portibi Jae, kecamatan Portibi, Sabtu (15/12). (Akhir S Rambe)


Komentar Anda

Berita Terkini