MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Syahrul Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Kreasi dan Inovasi.

harian9.com author photo

TAPSEL| H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel)  Syahrul M Pasaribu mengapresiasi kegiatan Festival oleh-oleh Tapanuli Bagian Selatan (F2OT) guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat melalui kreasi dan inovasi.

Hal itu disampaikan Bupati Syahrul, saat menghadiri pembukaan kegiatan F2OT yang ke 2 tahun 2018 yang diselenggarakan Tabagsel Institute di Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan, Selasa (12/12/2018).

"Saya sangat mendukung kegiatan ini, karena ini merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kreasi dan inovasi," ujar Syahrul M Padaribu dalam sambutannya.

Menurutnya, di era sekarang ini bahwasanya kreasi dan inovasi masyarakat merupakan bahagian dari pemerintah, karena pemerintah sesungguhnya adalah satu yaitu pemerintah Indonesia mulai dari Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota dan juga yang berada di desa. 

Dikatakannya, sesungguhnya kegiatan ini merupakan salah satu upaya atau regulasi untuk mendorong kreasi dan inovasi. Hal ini dapat kita lihat dengan lahirnya Perpres RI No. 6 tahun 2015 tentang pendirian Badan Ekonomi Kreatif.

" Kalau kita lihat pada pemerintah sebelumnya yang berhubungan dengan ekonomi kreatif hanya dicantumkan di Kementerian Pariwisata akan tetapi pada kabinet kerja Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla bahwasanya badan ekonomi kreatif sudah berdiri sendiri dan itu ada hubungannya dengan kegiatan F2OT, " ucap Syahrul.

Kepada semua yang hadir Bupati Syahrul mendorong untuk terus semangat dalam berkreasi dan berinovasi agar nantinya dapat menimbulkan inovasi baru dengan komoditas lain yang bernilai ekonomis demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tabagsel.

" Apalagi eilayah Tabagsel terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota yaitu, Kabupaten Tapsel, Mandailing Natal (Madina), Padanglawas Utara (Paluta), Padanglawas (Palas) dan Kota Padangsidimpuan, yang mempunyai ciri khas tersendiri dan layak jual, karena kegiatan ini menjadi ajang kompetisi bagi daerah di wilayah Tabagsel untuk menjadi yang terbaik, " tuturnya.

Syahrul juga berharap kepada seluruh peserta untuk tidak langsung berpuas diri kepada semua produk yang saat ini ditampilkan, akan tetapi teruslah berkreasi dan berinovasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

" Melalui momentum F2OT seperti inilah, akan menjadi ajang kreasi dan inovasi serta promosi daerah untuk dapat membangkitkan gairah bagi dunia usaha dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, " terangnya

Kepada para kalangan investor yang saat ini turut berpatisipasi mengikuti F2OT di Kota Padangsidimpuan, untuk berperan aktif membantu pembangunan daerah, karena ada kewajiban sekian persen dari keuntungant  perusahaan untuk dapat disalurkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

" Sebagaimana Nawa Cita ketiga Presiden RI Joko Widodo yang salah satunya adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah maupun desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), " imbuhnya.

Syahrul melanjutkan, kiranya momen ini tentunya harus kita tangkap sehingga kreasi dan inovasi masyarakat yang berada dipinggiran dan juga yang berada di pusat kota bisa meningkat dari waktu ke waktu.

" Apalagi di tahun 2019 dana Kelurahan juga sudah ditampung dan dimasukkan kedalam Dana Alokasi Umum (DAU) pada setiap Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia yang nantinya dapat mendorong inovasi dan kreasi melalui penguatan BUMDES maupun kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, " paparnya.

Sementara Ketua Panitia DR.Kiman Siregar. S.TP.M.Si menyampaikan, FO2T bermaksud untuk membantu pelaku UMKM-IKM dalam meningkatan kualitas dan penjualan produknya, mengintegrasikan hasil-hasil produk UMKM-IKM dengan konsumen pembeli / reseller / supermarket dan masyarakat luas yang ingin membeli produk oleh-oleh Tabagsel.

" Kegiatan ini juga dapat mempertemukan investor per-bank-an dan swasta nasional dengan pelaku usaha UMKM-IKM untuk melakukan investasi bisnis, memberikan contoh nyata dan dorongan positif untuk generasi milenia anak-anak muda potensial Tabagsel untuk melirik bisnis ekonomi kreatif UMKM-IKM yang sangat potensial di Tabagsel serta memperkenalkan adat, seni budaya, destinasi wisata dan kuliner yang besar potensinya di Tabagsel, " harapnya. (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini