MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Tingkatkan Partisipasi, KPU Tapsel Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula Kepada Siswa SLTA

Harian 9 author photo
Komisioner KPU Tapsel Syawaluddin Lubis, S.Sos saat memberikan paparan pada acara sosialisasi pendidikan pemilih pemula kepada para siswa SMAN 1 Kecamatan Angkola Timur, Kamis (13/12). (Foto: Riswandy)

TAPSEL| H9
Meningkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), menggelar sosialisasi pendidikan pemilih pemula kepada para siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se derajat di Kabupaten Tapsel, Kamis dan Jumat (13-14/12).

Di antara sekolah yang menjalani sosialisasi pemilih pemula tersebut yakni di SMAN 1 Kecamatan Angkola Timur, yang dilaksanakan Kamis (13/12), dengan narasumber Komisioner KPU Tapsel Syawaluddin Lubis, S.Sos dan di SMA Swasta Rohman Insan Kecamatan Angkola Barat, Jumat (14/12), dengan narasumber Panataran Simanjuntak, M.Hum.

Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak,M.Hum mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan satu bentuk keaktifan Komisioner KPU Tapsel dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif tahun 2019 mendatang.

Ia menjelaskan, pada pelaksanaan sosialisasi tersebut, diawali dengan memperkenalkan kepada siswa-siswi SLTA sederajat tentang kedudukan KPU di Kabupaten Tapsel, syarat menjadi pemilih di Pemilu tahun 2019, memperkenalkan denah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berkaitan dengan petunjuk di TPS.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi Pemilu serentak tahun 2019 yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif dan sosialisasi dilakukan ke sekolah-sekolah tingkatan SLTA sederajat yang memiliki potensi sebagai pemilih ketika di tahun 2019,“ ujar Panataran.

Selanjutnya ia mengatakan, melalui sosialisasi pendidikan pemilih pemula ini diharapkan siswa-siswi tingkat SLTA sederajat mampu menorehkan ilmunya ke dunia politik serta dapat menjelaskan ke orang tuanya dan orang lain tentang Pemilu di Indonesia khususnya Pemilu serentak yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tapsel tahun 2019.

“Betapa pentingnya menggunakan hak suara bagi pemilih pemula dalam Pemilu 2019 mendatang. Satu hal lagi, yang penting agar pemilih pemula juga dapat menyampaikan dan menyebarkan luaskan kepada masyarakat, agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 nanti,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, dalam sosialisasi tersebut, antusias siswa-siswi cukup tinggi, khususnya bagi mereka yang baru pertama kalinya akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tahun 2019 mendatang.

“Alhamdulillah seluruh acara berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang kita inginkan dan harapan kami ke depan jangan sampai ada anak-anak kita yang sudah umur 17 tahun tidak ikut dalam Pemilu dan para pemilih pemula ini bisa menggunakan hak pilihnya dengan sebaik mungkin,“ tegasnya.

Sementara itu, para siswa-siswi yang ikut sosialisasi mengaku sangat senang dengan kegiatan yang digelar KPU Tapsel tersebut. KPU datang ke sekolah untuk mensosialisasikan tentang Pemilu 2019 kepada pelajar yang sudah mendapatkan hak pilihnya.

“Kami awalnya tidak mengetahui kini menjadi tahu bagaimana cara memilih pemimpin untuk ke depannya dan kami juga berkewajiban untuk ikut memilih nantinya dan kami pemilih pemula sudah tahu tentang pemilihan yang akan dilaksanakan pada April 2019,“ kata salah satu SMAN. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 


Komisioner KPU Tapsel Panataran Simanjuntak, M.Hum menyerahkan sertifikat kepada siswi usai acara sosialisasi pendidikan pemilih pemula kepada para siswa SMA Swasta Rohman Insan Kecamatan Angkola Barat, Jumat (14/12). (Foto: Riswandy)












                                                                                  










Komentar Anda

Berita Terkini