MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Wakil Bupati Jember Pimpin Upacara Hari Bela Negara Ke 70, Dandim 0824 “Selamat Hari Bela Negara”

Harian 9 author photo

JEMBER| H9
Bertempat di Alun Alun Jember dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke 70 Tahun 2018 dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Jember Drs. A. Muqit Arif, Pada selasa 19 Desember 2018 Pukul 08.00 WIB.

Peringatan Hari Bela Negara Ke 70 dengan thema “Ayo Bela Indonesiaku, Indonesia Rumah Kita” dihadiri oleh Para Komandan Satuan TNI, Unsur Forkopimda serta Muspika se Kab Jember sebagai Undangan dan pasukan Upacara terdiri dari TNI dari Kodim 0824, Satpol PP Pemkab Jember serta Pelajar.

Pada kesempatan tersebut Inspektur upacara membacakan amanat tertulis Meteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto yang pada intinya bahwa Membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata, akan tetapi juga dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara dalam bentuk yang lain.

Memasuki era milenium ini, sudah barang tentu tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah maupun keselamatan segenap bangsa tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman militer, tetapi sudah bersifat multidimensional dan berada di setiap lini kehidupan. 

Oleh karena itu, bentuk aktualisasi kecintaan kepada tanah air atau patriotisme dan nasionalisme sudah barang tentu jauh berbeda dengan era perjuangan para pendahulu kita, karena bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi pun berbeda.

Sementara itu Wakil Bupati Jember dalam wawancaranya menyampaikan bahwa tugs Bela Negara merupakan tugas semua elemen masyarakat tidak hanya pelajar, pemuda atai institusi tertentu saja tetapi tugas semuanya.

Jangan sampai kita sebagai warga negara yang hanya menuntut hak kita saja tetapi kewajiban kita harus didahulukan untuk itu Bela Negara ini menjadi kewajiban dan tanggungjawab kita semua.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar secara terpisah menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa hadir pada peringatan Hari Bela Negara tersebut karena sedang melaksanakan  kegiatan dinas di Surabaya, untuk itu saya menyampaikan “Selamat Hari Bela Negara”.

Senada yang disampaikan oleh Wakil Bupati Jember Letkol Inf Arif Munawar menegaskan bahwa Bela Negara merupakan harus dilaksanakan oleh semua elemen bangsa, hal tersebut tentunya sesuai  UUD 1945 Pasal 30 (1) Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar  menyampaikan seperti Program Satu Sekolah Satu TNI di Kabupaten Jember yang bersinergi dengan Kodim 0824  beberapa waktu yang lalu merupakan salah satu program pemerintah daerah dalam mensosialisasikan dan menumbuhkembangkan Bela Negara tersebut dikalangan pelejar Generasi Bangsa. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 

(Foto: Sis24)



Komentar Anda

Berita Terkini