MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Walikota Padangsidimpuan Serahkan Alat Bantu Bagi Penyandang Disabilitas.

Harian 9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Dalam rangka memperingatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melalui Dinas Sosial,menyerahkan 60 unit alat bantu kepada penyandang disabilitas, bertempat di aula SMKN 1 Padangsidimpuan, Kamis (13/12).

Alat bantu bagi penyandang disabilitas berupa alat bantu kursi roda bagi cacat fisik sebanyak 14 unit, alat bantu dengar bagi tuna rungu sebanyak 30 unit dan alat bantu tongkat sebanyak 16 unit, diserahkan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH didampingi Ketua TP PKK Kota Padangsidimpuan Ny. Derliana Siregar, disaksikan Wakil Walikota Ir. H Arwin Siregar, MM, Ketua DPRD Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, Forkopimda, Sekdakota Drs. Zulpeddi, MM, para Asisten, staf ahli, pimpinan OPD, Kabag, Camat se Kota Padangsidimpuan dan para penyandang disabilitas.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengharapkan agar peringatan HDI ini semakin membuka peluang dan kesempatan bagi para penyandang disabilitas serta para simpatisan untuk menjalin kerjasama dan silaturrahmi dalam berbagai bidang, serta dapat memotivasi para penyandang disabilitas agar teknis berkarya.

“Karena disabilitas bukan halangan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, guna mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi,“ ujar Walikota.

Menurutnya, para penyandang disabilitas ini bukanlah orang yang mengharapkan untuk dikasihani, mereka hanya butuh diberikan kesempatan untuk dapat menunjukan kualitas dan kapasitas diri mereka yang sebenarnya.

“HDI ini digelar dalam rangka meningkatkan kesetiakawanan dan kepedulian kepada saudara-saudara kita penyandang disabilitas di kota Padangsidimpuan dan melalui kegiatan ini kita berharap semakin tumbuhnya kesadaran dikalangan masyarakat di Kota Padangsidimpuan untuk secara bertahap mulai memikirkan berbagai fasilitas khusus disabilitas ini,“ harap Walikota.

Ia menambahkan, melalui tema HDI, ‘Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas’, mari kita libatkan penyandang disabilitas dalam pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam keseluruhan proses pembangunan.

“Saya harap OPD terkait memperhatikan ini dengan baik dan dapat mempromosikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas di semua bidang kehidupan masyarakat dan pembangunan, serta untuk meningkatkan kesadaran akan situasi penyandang disabilitas di setiap aspek kehidupan baik politik, sosial, ekonomi dan budaya,“ terangnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Padangsidimpuan Sofyan Subri Lubis, S.Sos, M.Kes, didampingi Kabid Rehabilitasi Sosial Syahban Hamidi Lubis, dalam laporannya menyampaikan peringatan HDI tingkat kota Padangsidimpuan tahun 2018 ini dilaksanakan dengan dasar, resolusi Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Nomor 47/3 tahun 1992.

Para peserta kegiatan hari disabilitas nasional ini terdiri dari tuna netra, tuna rungu, tuna daksa maupun tuna wicara baik yang berada dibawah institusi pendidikan maupun komunitas/ lembaga lainnya serta para pendamping.

“Tujuan kegiatan ini, guna meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat, pemerintah, lembaga sosial media maupun lembaga terkait lainnya terhadap kaum penyandang disabilitas,” jelas Sofyan S Lubis.

Salah seorang penyandang disabilitas mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemko Padangsidimpuan yang telah memberikan alat bantu bagi penyandang disabilitas, tentunya ini bentuk kepedulian Pemerintah terhadap kaum disabilitas dan mereka merasa senang karena Walikota Padangsidimpuan telah mengingat mereka sebagai warganya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH didampingi Ketua TP PKK Kota Padangsidimpuan Ny. Derliana Siregar menyerahkan alat bantu kepada penyandang disabilitas para peringatan HDI tingkat Kota Padangsidimpuan tahun 2018, di aula SMKN 1 Padangsidimpuan, Kamis (13/12). (Foto: Riswandy)







Komentar Anda

Berita Terkini