Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Warga Kota Padangsidimpuan Sudah Bisa Nikmati Layanan Hotspot Gratis

Harian 9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Setelah menanti cukup lama, akhirnya sebahagian warga Kota Padangsidimpuan sudah bisa menikmati wifi dan hotspot gratis usai dilaunchingnya hotspot dan website Kota Padangsidimpuan www.sidimpuanbersinar.com dan peresmian server website padangsidipuankota.go.id oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH di pendopo Kantor Walikota, Kamis (13/12).

Hotspot gratis tersebut memiliki jangkaun jaringannya radius 500 meter dari titik pemancar di Kantor Walikota dan dapat di dimanfaatkan oleh warga Kota Padangsidimpuan khususnya anak sekolah dalam rangka membantu proses belajar dan masyarakat umum seperti PNS, pedagang, jurnalis, abang beca maupun kalangan masyarakat lainnya yang berada di dalam jangkauan jaringan hotspot, tanpa mengeluarkan biaya satu rupiah pun.

Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH dalam sambutannya mengatakan, hotspot gratis ini beertujuan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses informasi bagi warga Kota Padangsidimpuan, sekaligus meningkatkan pelayanan prima dalam bidang pemanfaatan tekhnologi informasi dan komunikasi (TIK), yang salah satunya dengan cara pemasangan titik layanan hotspot gratis, yang titik hotspot nya dipusatkan di Kantor Walikota Padangsidimpuan.

Menurut Walikota, pesatnya perkembangan TIK di Kota Padangsidimpuan sudah berlangsung selama beberapa dekade terakhir ini dan telah membuat kebutuhan masyarakat Kota Padangsidimpuan terhadap informasi menjadi semakin meningkat.

“Sebagai salah satu kota penyangga di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Kota Padangsidimpuan memang merupakan wilayah yang sangat strategis dalam pengembangan jaringan teknologi informasi. Selain itu, banyaknya perguruan tinggi, sekolah serta berbagai komunitas yang bergerak di bidang IT, telah membuat Kota Padangsidimpuan menjadi kota yang memiliki jumlah penduduk dengan tingkat penggunaan internet tertinggi di Tabagsel,“ katanya

Walikota mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menjadikan website sebagai satu-satunya portal yang menyajikan jurnal, informasi, dan potensi daerah. 

Gerak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat masyarakat baik di desa maupun kota dengan mudah mendapat akses atas sebaran informasi dari berbagai media. Internet telah banyak mengubah wajah dunia. 

Pemerintah juga lebih mudah memberikan informasi kepada masyarakat baik melalui media cetak, online maupun elektronik.

“Saya tekankan kepada seluruh OPD agar bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk mengisi sub-domain website kita ini sehingga setiap OPD dapat menyajikan informasi tentang kegiatannya dan dapat di akses masyarakat Kota Padangsidimpuan,“ katanya.

Lebih lanjut disampaikan, bagi Pemko Padangsidimpuan sendiri, melalui pemanfaatan website ini, Pemko Padangsidimpuan dapat menampilkan secara interaktif jurnal informasi pembangunan daerah, mensosialisasikan kebijakan/program pemerintah, memberikan media alternatif bagi peningkatan pembangunan daerah baik itu forum perdagangan, UKM, agribisnis dsb, menyediakan media bagi pemda mendapatkan feedback dari anggota masyarakat ataupun pelaku bisnis, menjadikan website sebagai satu-satunya portal yang menyajikan jurnal, informasi, dan potensi daerah dan sebagai awal terwujudnya implementasi e-Goverment Pemda.

“Hotspot gratis dan portal website sidimpuanbersinar ini nantinya dapat meningkatkan layanan dan menjalankan program  dan visi misi  pembangunan Kota Padangsidimpuan yakni penyediaan ruang public serta wujud dari keseriuasan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan masuarakat menuju masyarakat Kota Padangsidimpuan yang berkarakter, bersih aman dan sejahtera,“ jelasnya.

Sementara kadis Kominfo Kota Padangsidimpuan Islahuddin Nasution, S.Sos melaporkan, fasilitas layanan hotspot gratis ini merupakan program Pemko Padangsidimpuan melalui Dinas Kominfo, yang sumber dananya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Padangsidimpuan Tahun Anggaran (TA) 2018.

“Hotspot (wi-fi) yang akan dipasang ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan tekhnologi wireless yang menjangkau lokasi-lokasi ruang publik yang jaraknya mencapai radius 500 meter, sehingga dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana jaringan hotspot gratis ini dapat terjangkau,“ ujar Islah.

Tujuan dari pemasangan jaringan layanan hotspot gratis ini agar masyarakat dapat semakin mudah mengakses informasi berbagai perkembangan dan pembangunan Kota Padangsidimpuan ataupun mempermudah mendapatkan informasi serta untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang informasi.

“Layanan hotspot gratis ini juga direncanakan akan memperluas jaringan dan layanan hingga ke lokasi lain untuk empat Kecamatan guna menjangkau ratusan ribu warga di Kecamatan yang ada di Kota Padangsidimpuan,“ paparnya.

Terpisah, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tabagsel Hairul Iman Hasibuan diwakili wakil Ketua Laidin Pohan mengapresiasi launching dan peresmian jaringan hotspot gratis serta peresmian portal website padangsidimpuanbersinar tersebut.

“Tingginya kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi ini perlu kita syukuri, karena ini merupakan sebuah asset penting untuk mewujudkan dan mendukung berbagai program andalan Kota Padangsidimpuan yang mengedepankan ketersediaan berbagai pelayanan publik  berbasis TIK dalam satu kawasan kota,“  terang Laidin.

Pada kesempatan itu, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH didampingi Wakil Walikota Ir. H Arwin Siregar, MM, Kadis Kominfo Islahuddin Nasution, S.Sos menandatangani peresmian website padangsidimpuankota.go.id, sekaligus melakukan penekanan tombol launching website dan hotspot sidimpuanbersinar, serta pengguntingan pita ruangan server website padangsidipuankota.go.id. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH didampingi Wakil Walikota Ir. H Arwin Siregar, MM, Kadis Kominfo Islahuddin Nasution, S.Sos menandatangani pemakaian hotspot gratis dan peresmian website Kota Padangsidimpuan di pendopo Kantor Walikota, Kamis (13/12). (Foto: Riswandy)




Komentar Anda

Berita Terkini