Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

782 Sertifikat Tanah Untuk Warga 9 Desa di Angkola Timur

Harian 9 author photo
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, Anggota DPRD Sumut dari Komisi A Doli Sinomba Siregar, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib Sik SH, Kakan Pertanahan Kabipaten Tapsel Badrus Salim SH foto bersama dengan warga penerima sertifikat usai penyerahan 782 persil sertifikat tanah program PTSL untuk 9 Desa di Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapsel, Senin (21/1). (Foto : Riswandy)


TAPSEL| H9
Bupati Tapanuli Selatan ( Tapsel) Syahrul M Pasaribu, menyerahkan 782 persil sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat dari 9 Desa di Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapsel, berlangsung di Aula Kantor Camat setempat, Senin (21/1).

Penyerahan sertifikat tanah tersebut dihadiri Anggota DPRD Sumut dari Komisi A Doli Sinomba Siregar, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib Sik SH, Kepala Kantor Pertanahan Kabipaten Tapsel Badrus Salim SH
Asisten I Hamdan Zen,  Kadis Ketenagakerjaan Amros Karangmatua SH,  Kaban Kesbang Hamdy S Pulungan,  Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar, Camat Angkola Timur Darwin Dalimunthe,  tokoh masyarakat Sumut Drs. Samsul Qamar, Ketua MUI Tapsel KH. Ahmad Ghozali Siregar, serta Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Angkola Timur.

Dalam sambutannya, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengatakan, penyerahan sertifikat tanah ini sebagai bukti konkrit kehadiran pemerintah dalam mengatasi persoalan masyarakat, khususnya legalitas hak kepemilikan asset.

Menurutnya, terkait penyerahan sertifikat tanah ini, setidaknya ada dua butir dari 9 butir Nawacita Presiden Joko Widodo yang kita jalankan saat ini, diantaranya adalah pada butir ketiga, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan dan butir kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program 'Indonesia Pintar' serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program 'Indonesia Kerja' dan 'Indonesia Sejahtera', dengan mendorong land reform dan program kepemilikan tanah,  program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi serta jaminan sosial untuk rakyat di tahun 2019.

" Disamping Dana Desa yang sudah dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat pedesaan, sertifikat ini juga merupakan prioritas untuk masyarakat di pedesaan, " terang Syahrul.

Oleh karena itu Syahrul mengajak seluruh warga yang penerima sertifikat tanah untuk besyukur dan berterimaksih kepada Pemerintahan Jokowi-JK terkait dengan program  tersebut. Sebab sesungguhnya pemerintahan itu adalah satu, linier berbanding lurus mulai Presiden sampai Kepala Desa. 

" Mari kita maknai kehadiran pemerintah kita secara objektif dan rasional. Kita jangan mudah percaya dengan berita hoax, juga jangan mau dipecah belah, kita semua harus terus menjaga persatuan dan kesatuan diantara kita, kita semua harus cerdas dalam menilai apa yang telah diperbuat oleh pemerintah kita saat ini, " tegas Syahrul. 

Sementara itu, Anggota DPRD Sumut dari Komisi A Doli Sinomba Siregar menyampaikan, saat ini ia duduk di komisi A DPRD Sumut yang  membidangi pemerintahan, hukum dan pertanahan. Untuk itu ia mengajak masyarakat penerima sertifikat tanah untuk berterimakasih kepada pemerintah pusat yang sudah memperhatikan masyarakatnya.

" Dengan memperoleh sertifikat tersebut, kepemilikan tanah secara sah diakui oleh negara dan juga secara  ekonomis menambah nilai dari objek tanah tersebut, " ucap Doli. 

Hal senada juga dikatakan Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib Sik SH yang mendukung penuh dan selalu bersinergi dengan seluruh program yang sudah direncanakan oleh pemerintah termasuk pembagian sertifikat tanah yang sedang dilaksanakan ini. 

" Penyerahan sertifikat tanah ini adalah salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap hak milik, sehingga sangat membantu untuk meluruskan alas hak yang dimiliki,  mudah-mudahan membawa barokah bagi warga, " ucap Kapolres.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tapsel Badrus Salim SH, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu yang telah membantu melaksanakan penyerahan sertifikat tanah tersebut. 

Dikatakannya, pada tahun 2018, Kabupaten Tapsel mendapatkan 2414 sertifikat tanah, yang mana sebanyak 782 bidang tanah diberikan kepada 9 Desa di Kecamatan Angkola Timur. 

" Untuk tahun 2019 ini, Kantor Pertanahan Tapsel akan memberikan 5000 sertifikat bidang tanah untuk 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Muara Batangtoru, Angkola Muaratais, Angkola Selatan, Sipirok dan Kecamatan Arse, yang masing-masing Kecamatan nantinya mendapat 1000 bidang tanah untuk disertifikatkan, " ujar Badrus Salim. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini