MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Babinsa Kemiri Koramil 0824/14 Panti Bersama PPL Dampingi Percepatan Tanam Petani

harian9.com author photo
(Foto: Siswandi) 

JEMBER| H9
Pendampingan pertanian yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) adalah inplementasi dari kerjasama Kementrian Pertanian RI dengan TNI AD pada Program Ketahanan Pangan Nasional dalam mesujudkan swasembada pangan, melalui upaya khusus (Upsus).

Demikian halnya Babinsa Sertu Sutrisno bersama PPL Umi Hidayati Desa Kemiri Kec Panti Kabupaten jember yang melaksanakan pendampingan pada hari Kamis (24/01/2019) Pukul 08.00 WIB dengan kegiatan bajak sawah dengan menggunakan hand tracktor pada lahan 1 hektar milik  H Umar anggota Kelompok Tani Makmur yang berlokasi Dusun Delima Desa Kemiri Kec. Panti.

Menurut Umu Hidayati untuk percepatan pengolahan lahan memang petani sangat dianjurkan menggunakan alat mesin pertanian sehingga lebih efektif waktu dan biaya, bahkan bisa lebih hemat biaya 30 persen dibandingkan dengan pengolahan manual dengan tenaga manusia.

Komandan Koramil 0824/14 Panti Kapten Inf Suparno membenarkan adanya kegiatan Babinsa Jajarannya tersebut sebagai bagian dari tugas pendampingan yang harus dilakukan bersama PPL, bahkan Babinsa sudah kita perintahkan untuk pendekatan kepada petani agar upaya percepatan tanam tersebut dapat dilaksanakan, sehingga tidak ada lahan yang nganggur terlalu lama.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar yang mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Koramil maupun Babinsa dalam meningkatkan produktifitas pertanian diwilayahnya diantaranya dengan meningkatkan  luas tambah tanam (LTT) dengan menggunakan alat mesin pertanian.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa lahan pertanian di Kabupaten jember ini secara fisik luasnya tetap dan tidak dapat ditambah. 

"Sehingga dalam meningkatkan luas tambah tanam kita mengupayakan melalui efektifitas waktu tanam, bisa mempercepat tanam dengan menggunakan mesin maupun memilih benih dengan usia tanam pendek dan lain-lain," pungkasnya. (Siswandi)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar Anda

Berita Terkini