MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Bakamla Pelajari Karakter Coast Guard Dunia

harian9 author photo




JAKARTA| H9
“Mari kita mulai ‘membaca’, apa itu Bakamla yang dulu, bagaimana Bakamla sekarang dan mau seperti apa Bakamla yang akan datang. Semua bisa diketahui dengan membaca. Membaca bisa dari melihat, mendengar, atau belajar dari pengalaman yang lain, seperti yang akan kita lakukan sekarang yaitu membaca karakter Coast Guard negara lain”.

Arahan itu disampaikan oleh Inspektur Bakamla RI Laksma Bakamla Drs. Sarono, M.H. menjelang  acara nonton bareng video Coast Guard Filipina dan Bangladesh yang diikuti ratusan pegawai Bakamla RI di Aula Mako Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2019).

Menurut Laksma Sarono, Bakamla sebagai sebuah institusi yang mengemban fungsi Coast Guard, maka perlu pembinaan ASN Bakamla yang bersifat semi militer dalam rangka membentuk karakter sebagai aparat Coast Guard Indonesia. Untuk itu ditekankannya, ada tiga hal yang harus terus diperhatikan yaitu disiplin, hirarkhi, dan kehormatan.

Hal lain yang ditekankannya pula adalah tentang pengawasan melekat oleh setiap atasan langsung kepada setiap personel, dan kewenangan untuk pemberian rekomendasi reward dan punishment terhadap sikap dan perilaku personel. Secara keseluruhan hal tersebut turut mendukung pembangunan karakter paramiliter yang tangguh. 

Sebelumnya, Kasubdit Data Kolonel Bakamla Toto Hartoto saat memimpin apel pagi juga mengatakan, CPNS Bakamla yang direkrut untuk dipersiapkan sebagai pengawak Coast Guard. Dikatakannya pula, Kepala Bakamla Laksdya Taufiq saat ini aktif melakukan diplomasi maritim dalam rangka menyuarakan keberadaan Bakamla sebagai institusi yang mengemban fungsi Coast Guard ke berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri.

Sebagaimana seringkali dinyatakan oleh Kepala Bakamla, bahwa amanah untuk mengembangkan Bakamla agar dapat melaksanakan fungsi Coast Guard telah dituangkan dalam Surat Seskab Nomor B.551/Seskab/9/2015, dan negara-negara Coast Guard di dunia pun telah mengakui Bakamla sebagai Counter part sesama Coast Guard di Indonesia, seperti hasil yang didapat pada kunjungan Kepala Bakamla ke India, Vietnam, Malaysia dan Singapura beberapa waktu lalu. Semua hal itu harus didukung dengan karakter personel Coast Guard pula. Oleh karenanya sejak beberapa waktu telah mulai dibudayakan membaca karakter Coast Guard berbagai negara di dunia. Setelah sebelumnya dilakukan nonton bareng video US Coast Guard (USCG), Indian Coast Guard (ICG), dan Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA), maka pagi ini ratusan personel Bakamla mengawali aktivitas pekerjaan kantor dengan melakukan apel pagi dan nonton bareng video tentang Philippine Coast Guard dan Bangladesh Coast Guard.

Untuk menguji sejauh mana pemahaman personel terhadap materi yang diberikan, acara dilanjutkan dengan kuis seputar materi arahan Inspektur Bakamla dan pengetahuan seputar video Coast Guard Filipina dan Bangladesh yang disajikan. Akhir acara diwarnai pula dengan pemberian hadiah untuk personel yang bisa menjawab pertanyaan kuis dengan benar, hadiah diserahkan langsung oleh orang nomor satu di jajaran Inspektorat Bakamla itu.
(Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono)
Komentar Anda

Berita Terkini