MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Danramil 0824/04 Sukowono Lantik Anggota Baru Pramuka Saka Wira Kartika

Harian 9 author photo



JEMBER| H9
Perekrutan anggota baru Pramuka Saka Wira Kartika dilakukan pada setiap tahun ajaran, hal tersebut tentunya untuk menggantikan anggota yang sudah lulus dan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya baik ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP maupun ditingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Seperti yang dilakukan oleh Koramil 0824/04 Sukowono yang melakasnakan pelatihan bagi 20 orang anggota baru Pramuka Saka Wira Kartika yang bersumber dari SMA Negeri Plus Sukowono pada Sabtu 12/01/2019 Pukul 07.00 Wib hingga Minggu 13/01/2019 Pukul 10.00 Wib , dengan tenaga instruktur dari Koramil 0824/04 Sukowono 4 orang dipimpin oleh Danramil Kapten Arm Sugiono dan 15 orang dari kader senior di SMAN Plus Sukowono.

Pada pelatihan anggota baru tersebut diberikan materi pokok yaitu  5 krida diantaranya Krida Navigasi Darat, Krida Mountinering, Krida Survival, Krida Pioneering dan Krida Penanggulangan Bencana Alam, dalam kegiatan pelatihan tersebut juga diajarkan tata cara pemasangan tenda, api unggun dan longmars dengan jarak 5 Km serta Wawasan Kebangsaan. 

Pembukaan dilakukan di halaman SMAN Plus Sukowono dengan Pembina Upacara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan R. Tjandra N yang pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Koramil 0824/04 Sukowono yang telah bekerjasama memberikan materi kedisiplinan maupun kepramukaan dengan SMAN Plus Sukowono.

Lebih Lanjut R. Tjandra N berharap dengan dilakukannya kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan adik-adik tidak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan namun juga memiliki karakter sebagai generasi bangsa, karena dipundak merekalah masa depan Bangsa Indonesia ini nantinya.

Kegiatan Pelatihan Anggota Baru Saka Wira Kartika tersebut dilakuka kawasan Hutan Pinus  Perhutani Sukowono termasuk penutupannya yang dilakukan pada Minggu 13/01/2019 Pukul 10.00 Wib dengan Pembina Upacara Danramil Kapten Arm Sugiono.

Dalam sambutannya Kapten Arm Sugiono berharap agar materi yang telah diberikan kepada adik-adik dapat diserap dan dijadikan bekal karena materi-materi tersebut disamping sesuai dengan Krida Pramuka namun juga bermanfaat dalam melaksanakan kegiatan Pramuka maupun saat menjadi relawan apabila ada kejadian bencana alam.

Selanjutnya  Kapten Arm Sugiono juga menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah, para instruktur yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. 

Pada kesempatan tersebut disamping ditandai dengan pelepasan tanda peserta pelatihan  juga dilakukan pengukuhan Dewan Pembina Saka Wira Kartika Gugus Depan Koramil 0824/04 Sukowono.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih kepada Koramil Jajaran yang telah melaksnakan kegiatan Pembinaan Pramuka sebagai bagian dari tugas pembinaan terhadap salah satu Saka Pramuka dalam Binaan TNI AD yang diberi nama Pramuka Saka Wira Kartika.

Pembinaan tersebut merupakan bagian dari upaya TNI dalam turut serta membina generasi muda bangsa melalui kegiatan kepramukaan, yang tentunya sangat bermanfaat baik untuk menambah ketrampilan dan kemampuan generasi muda tersebut, utamanya dalam membantu tugas-tugas kemanusiaan seperti penanggulangan bencana alam  khususnya pada evakuasi korban saat dari lokasi bencana meskipun berada di medan yang sulitpun mereka mampu mengevakuasi  ke lokasi aman, adik-adik pramuka ini sudah dibekali ketrampilan tersebut. Kata Letkol Inf Arif Munawar. (sis24)
Komentar Anda

Berita Terkini