MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Hujan Deras Guyur Paluta, Jalan Desa Sialang Putus Total Tergerus Air

harian9.com author photo
Personil BPBD Paluta tinjau kerusakan badan jalan penghubung desa yang berada di Desa Sialang, Kecamatan Padang Bolak Julu, Rabu (30/1). (AKHIR S RAMBE)


PALUTA| H9
Curah hujan yang cukup deras mengguyur Padang Lawas Utara (Paluta) dalam beberapa hari ini membuat sejumlah daerah pemukiman warga di genangi air dan bahkan sejumlah jalan penghubung antar desa pun terputus.

Seperti yang terjadi Desa Sialang, Kecamatan Padang Bolak Julu, Rabu (30/1). Di desa ini akses jalan menuju Desa Sitanggoru, Batu Raccang dan Siunggam Dolok putus total. Panjang badan jalan yang hancur tergerus air sepanjang 150 meter itu kini sudah tak bisa di lalui warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP kepada awak media, Rabu (30/1) mengatakan bahwa akses jalan di Desa Sialang, Kecamatan Padang Bolak Julu putus total diakibatkan curah hujan tinggi yang mengakibatkan Sungai Batang Ilung meluap.

"Akibat hujan deras, sungai Batang Ilung meluap, badan jalan penghubung antar desa terpitus total," kata Ridwan.
Lanjutnya, akibat putusnya jalan desa tersebut, membuat sejumlah desa terisolir dan kendaraan masyarakat setempat tidak bisa melewati jalur itu.

Tidak hanya itu, tinggi nya curah hujan membuat sejumlah kawasan di Paluta juga terkena banjir, seperti di Kecamatan Padang Bolak, Portibi, Padang Bolak Julu dan Simangambat.

Untuk diketahui, akses jalan menuju Desa Sitanggoru, Batu Raccang dan Sunggam Dolok putus total. Panjang badan jalan yang hancur tergerus air sepanjang 150 meter itu kini sudah tak bisa di lalui warga. BPBD Paluta telah meninjau langsung sekaligus melakukan perhitungan biaya guna penanganan tanggap darurat sementara . Sedangkan masyarakat melakukan gotongroyong guna membuka jalan alternatif untuk dipergunakan sementara. (Asr9)


Komentar Anda

Berita Terkini