Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Kapolres Tapsel Pimpin Upacara Pemakaman Personil Yang Meninggal Dunia

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH pimpin upacara pemakaman anggota Polri dari Polres Tapsel Almarhum Iptu Togar Bangun Parulian Aritonang, SH yang meninggal dunia karena sakit, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sabungan Indah Komplek Perumahan Sabungan Indah Kelurahan Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan Senin (21/1).

Bertindak sebagai Perwira Upacara dalam pemakaman secara dinas Polri ini yakni Waka Polres Tapsel Kompol Jumanto, SH, MH dan Komandan Upacara Iptu Raden Saleh Harahap yang juga Kaurbin Ops Sat Sabhara Polres Tapsel, dihadiri Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, Ketua Kemala Bhayangkari Cabang Tapsel Ny. Dewi Irwa beserta Pengurus Bhayangkari Cabang Tapsel, seluruh pejabat utama dan personil Polres Tapsel, jajaran akademisi UMTS Padangsidimpuan dan masyarakat serta kerabat almarhum.

Dalam laporannya, Waka Polres Tapsel Kompol Jumanto, SH, MH mengatakan, Almarhum Almarhum Iptu Togar Bangun Parulian Aritonang, SH merupakan personil Polres Tapsel yang terakhir menjabat sebagai Paurbankum Subag Hukum Bag Sumda Polres Tapsel.

Suami dari Rektor Universitas Muhammadyah Tapanuli Selatan (UMTS) Dra. Muksana Pasaribu,MA ini meninggal dunia di Kota Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara saat dalam perjalanan henda berobat menuju RS Colombia Asia Medan dikarenakan sakit yang diderita. 

Jenazah Almarhum di semayamkan di rumah duka Kompek Perumahan Sabungan Indah Kelurahan Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan, kemudian di sholatkan di Mejid Al-Ihsan Al-Badriyah dan selanjutnya diserahkan oleh pihak keluarga kepada Polres Tapsel guna dilaksanakan pemakaman secara kedinasan Polri.

Dalam sambutannya, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH mengucapkan duka dan belasungkawa atas kepergian salah seorang personil terbaiknya Almarhum Iptu Togar Bangun Parulian Aritonang, SH menghadap Yang Kuasa, semoga amal dan ibadah Almarhum diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan tetap tabah menghadapi cobaan yang diberikanNya.

“Innalilah Wainnailaihirroziun. Atas nama pribadi, dinas maupun keluarga saya turut berduka yang sedalam-dalamnya dan sesungguhnya Allah SWT sudah mengatur tentang kehidupan maupun kematian,” ujarnya.

Orang nomor satu di jajaran Polres Tapsel itu juga mengatakan bahwa kita harus bersabar dalam menghadapi cobaan kematian. Khusus keluarga yang ditinggal, saya harap tetap tabah dan bersabar karena semua ini adalah cobaan dari Allah SWT maupun kita semua pasti akan mengalaminya.

Mantan Kaposek Setia Budi Jakarta Selatan ini juga menambahkan, jikalau ada kesalahan Almarhum semasa hidupnya mari kita lapang dada saling memaafkan, karena semua manusia tak luput dari kesalahan. Mari kita saling memaafkan termasuk kesalahan dan kehilafan yang pernah dilakukan oleh Almarhum. 

“Saya mengajak kepada para hadirin untuk bersama-sama mendoakan semoga Almarhum diterima disisiNya,“ terang Kapolres.

Sementara Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu yang mewakili Pemkab Tapsel mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Almarhum Iptu Togar Bangun Parulian Aritonang, SH yang merupakan sahabat yang memiliki kepribadian cukup baik semasa hidupnya.

“Kepada keluarga yang ditinggalkan Almarhum untuk tetap tabah menghadapi cobaan yang diberikan Allah SWT dan mari kita berserah diri kepada Nya dan kita doakan agar Almarhum tetap tenang di sisi Nya. Amin,“ ujar Syahrul.

Usai pelaksanaan upacara dan pemakaman yang berlangsung khidmat keluarga Almarhum mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada jajara Polres Tapsel, khususnya Bapak Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK, MH, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, Ketua Kemala Bhayangkari Cabang Tapsel Ny. Dewi Irwa dan eluruh yang hadir. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Personil Polres Tapsel melakukan tembakan salvo ke udara pada prosesi pemakaman anggota Polri dari Polres Tapsel Almarhum Iptu Togar Bangun Parulian Aritonang, SH di TPU Sabungan Indah Komplek Perumahan Sabungan Indah Kelurahan Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan Senin (21/1). (Foto: Riswandy)



  
Komentar Anda

Berita Terkini