Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Kodim 0824 Jember berikan Pelatihan Dasar Menwa Baru Unmuh

Harian 9 author photo
 (Foto: Sis24)

JEMBER| H9
Bertempat di lingkungan Kampus Universitas Muhammadyah (Unmuh) Jember dilaksanakan pelatihan dasar kepada Resimen Mahasiswa (Menwa) Baru sebanyak 12 orang yang dilakukan selama 3 hari pada Kamis-Sabtu 16-19 Januari 2019.

Materi-materi yang diberikan diantaranya Peraturan Baris Berbaris (PBB), Ilmu Membaca Peta dan Kompas (IMPK), Pengetahuan Senjata Ringan (Jatri), Kesehatan Lapangan, Pionering dan Mountenering serta wawasan kebangsaan.

Bertindak sebagai pemateri diantaranya Serma Iwan Abdilah, Serma Mukti Ali, Serka Edi Sucipto, Sertu Rendra masing-masing dari staf Teritorial Kodim 0824 Jember.

Menurut Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0824 Jember Kapten Inf Sondah Krisyamto pelatihan tersebut merupakan pengajuan dari pihak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Menwa Unmuh Jember, dan kita sebagai pembinanya tentu saja harus merespon dengan membantu pelatihan dasar tersebut sesuai ketentuan, agar mereka memiliki kemampuan dan penguasaan materi-materi yang diperlukan bagi seorang Menwa.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mendukung kegiatan pembinaan Menwa tersebut, meskipun sebagai bagian dari UKM dalam kampus namun khusus Menwa memang secara pembinaan ada pelibatan Kodim sebagai pembinanya.

Sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Kementerian (Kementerian Pertahanan RI, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Riset Tehnologi dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga) nomor KB/11/XII/2014, nomor : 421.73/6660A/SJ, nomor : 6/M/MOU/XII/2014 dan nomor : 1175 Tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa. 

"Sehingga di samping sebagai bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kampus dalam pembinaan dan pemberdayaannya juga mendapatkan pembinaan dari TNI yaitu Satuan Kodim setempat," tegas Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar Anda

Berita Terkini