MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

KPU Paluta Resmikan Rumah Pintar Pemilu

harian9.com author photo
Ketua KPU Paluta Ongku Syah Harahap SE melakukan gunting pita sebagai tanda peresmian Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU Paluta, Senin (31/12).































PALUTA| H9
Untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan berdemokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di kantor KPU Paluta Jl. Nagasati, Pasar Gunungtua, kecamatan Padang Bolak, Senin (31/12).

Peresmian RPP yang dirangkai dengan acara pisah sambut komisiner KPU Paluta periode 2013-2018 kepada komisioner KPU Paluta periode 2018-2023 tersebut dihadiri oleh ketua KPU Paluta Ongku Syah Harahap SE beserta komisioner KPU yang baru yakni divisi Teknis Penyelenggars Herisal Lubis SH, divisi SDM dan Parmas Muhammad Nafsir Rambe SPd, divisi Program dan Data Lidiyawati Harahap dan divisi Hukum Yusran Harahap, anggota KPU Paluta periode 2013-2018 H Ramlan Harahap SH dan M Ali Ansor Siregar SAg, Sekretaris KPU Paluta Panjang Matua Harahap, Bupati Paluta yang diwakili Kabag Otda setdakab Paluta Ahmad Hilaluddin Daulay, perwakilan KPU Sumatera Utara, perwakilan KPU kabupaten/kota terdekat diantaranya KPU kabupaten Padang Lawas, KPU kabupaten Tapanuli Selatan, KPU Kabupaten Mandailing Natal, KPU kabupaten Labuhan Batu Selatan dan KPU Kota Padang Sidimpuan, Kejari Paluta, Kodim 0212 TS, Polsek Padang Bolak, Danramil 05 PB, PPK se kabupaten Paluta, perwakilan Parpol peserta Pemilu di kabupaten Paluta, siswa SMA N 1 Padang Bolak yang jadir kader Pemilu beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Paluta Ongku Syah Harshap SE  mengatakan, Rumah Pintar Pemilu merupakan upaya mengedukasi kepada pra pemilih, pemilh pemula dan masyarakat umum dalam pentingnya berdemokrasi memilih pemimpin daerah maupun pemimpin negara dan calon legislatif. 


Katanya, sebagai bagian dari penyelenggaraan Pemilu, di RPP ini nanti akan berisi berbagai informasi terkait pemilu berupa buku dan riset-riset terkait Pemilu. 


“RPP bukan tahapan, tetapi bagian dari penyelenggaraan Pemilu sebagai wadah atau tempat untuk peningkatan pengetahuan Pemilu kepada pemilih pemula khususnya,” jelasnya.

Menurutnya, Rumah Pintar Pemilu bisa digunakan sebagai tempat di mana masyarakat datang untuk menjadi paham dan pintar mengenai politik, demokrasi dan apa itu hakikat pemilu. Untuk itu ia berharap, dengan adanya fasilitas ini, pelaksanaan Pemilu tahun 2019 dapat terlaksana dengan baik dan berdaulat khususnya didaerah kabupaten Paluta.

Pada kesempatan ini, ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh komisioner KPU Paluta periode 2013-2018 yang telah sukses dan lancar dalam pelaksanaan Pilkada dan Pilgubsu 2018 beberapa waktu lalu.

“Terima kasih kepada komisioner KPU Paluta sebelumnya, mari kita bekerjasama untuk menyukseskan Pemilu 2019 khususnya di kabupaten Paluta,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator divisi SDM dan Parmas M Nafsir Rambe SPd yang bertindak sebagai ketua panitia memandu para tamu dan undangan untuk melihat beberapa bagian dalam RPP dengan fasilitas antara lain perpustakaan, denah TPS, miniatur pelaksanaan pemilu di TPS, sejarah perkembangan Pemilu di dunia, alat peraga beserta fasilitas pendidikan tentang Pemilu lainnya.

“RPP menjadi sarana tempat belajar bagi masyarakat khususnya pemilih pemula dengan sejumlah fasilitas untuk pendidikan Pemilu,” ujarnya.

Katanya, RPP ini juga bertujuan untuk memberikan pengenalan demokrasi dan Pemilu sejak dini kepada para pemilih pemula khususnya. Yang nantinya para pemilih pemula yang telah di kader KPU Paluta akan memberikan pemahaman tentang Pemilu kepada temannya yang juga merupakan pemilih pemula.

Usai memberikan penjelasan dan pemahaman tentang fasilitas di dalam RPP, Nafsir juga mengajak seluruh yang hadir dan seluruh elemen masyarakat agar bekerjasama dan bergandeng tangan untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 khususnya di kabupaten Paluta.

“Mari kita sukseskan Pemilu 2019, Pemilu Berdaulat Negara Kuat,” tegasnya.

Pantauan, usai pengguntingan pita peresmian RPP oleh ketua KPU Paluta Ongku Syah Harahap SE yang disaksikan oleh seluruh tamu dan undangan yang hadir, acara juga dirangkai dengan pisah sambut komisioner KPU Paluta yang ditandai dengan pemberian cindera mata kepada komisioner KPU Paluta periode 2013-2018 oleh sekretaris KPU Paluta Panjang Matua Harahap. (Asr9)


Foto 1 : 
Foto 2 : Komisioner KPU Paluta Kordiv SDM dan Parmas M Nafsir Rambe SPd memberikan penjelasan tentang fasilitas RPP, Senin (31/12) (AKHIR S RAMBE)
Komentar Anda

Berita Terkini