MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Kunjungi Kecamatan Ujung Batu, Bupati Paluta Dengarkan Aspirasi Masyarakat

harian9.com author photo
Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi bersama sejumlah pimpinan OPD Paluta saat mengunjungi kecamatan Ujung Batu. (AKHIR S RAMBE)

PALUTA| H9
Masyarakat kecamatan Ujung Batu meminta kepada Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) agar pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta sarana pendidikan ditingkatkan di wilayah mereka.

Hal ini disampaikan masyarakat saat acara ramah tamah dengan Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi dalam kunjungan kerjanya menemui masyarakat di kecamatan Ujung Batu, Minggu (20/1).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi didampingi wabup Paluta H Hariro Harahap SE MSi bersama sejumlah pimpinan OPD diantaranya Dinas PU dan PR Paluta, Dinas Perukim, Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Badan PPKAD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Perindag, Dinas PMD, Dispora, Dinas Perhubungan, BPBD beserta sejumlah OPD lainnya.

Dalam penyampaian aspirasi masyarakat kecamatan Ujung Batu yang disampaikan oleh tokoh masyarakat yakni H Anwar berharap agar  infrastruktur jalan dan jembatan serta sarana pendidikan dapat ditingkatkan di wilayah kecamatan Ujung Batu.

“Untuk saat ini kami sangat mengharapkan peningkatan jalan dan jembatan untuk kelancaran transportasi. Bangunan sekolah terutama SD dan SMP yang baru juga tolong di prioritaskan serta sarana kesehatan seperti Puskesmas yang belum ada di daerah kami Pak Bupati,” terangnya.

Selain itu, mereka juga mengharapkan agar sengketa atau proses penetapan tapal batas antara kabupaten Paluta dengan daerah kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel) yang sampai saat ini belum selesai.

Dikatakannya, sesuai informasi yang mereka ketahui, Pemkab Labusel sudah mengklaim sebagian wilayah Paluta tepatnya di kecamatan Ujung Batu yang dinilai merugikan masyarakat sekitar.

“Untuk itu, kami berharap agar Pemkab Paluta dapat menindak lanjuti penyelesaian masalah tapal batas ini, seban jika sudah diklaim daerah lain, kami menilai akan dapat merugikan daerah dan masyarakat khususnya di kecamatan Ujung Batu,” harapnya.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda kecamatan Ujung Batu Tohong Mektisen Harahap menyampaikan aspirasi tentang maraknya kenakalan remaja dan penyakit masyarakat serta peredaran narkoba yang sangat dikhawatirkan dapat merusak generasi muda di daerah kecamatan Ujung Batu.

Untuk itu, ia sangat berharap perhatian Pemkab Paluta dalam hal pemberantasan penyakit masyarakat tersebut dengan lebih meningkatkan pembinaan dan pengembangan kegiatan positif khususnya di kalangan generasi muda.

“Selain peranan untuk pemberantasan, Kami berharap pembinaan mental dan bakat lebih ditingkatkan serta pengembangan kegiatan-kegiatan positif yang dapat meningkatkan perbaikan akhlak dan kesejahteraan masyarakat khususnya di kecamatan Ujung Batu,”

Ia juga berharap agar Pemerintah melalui pemerintah kecamatan dan desa setempat agar meningkatkan upaya pengembangan usaha dan pembinaan keahlian khususnya bagi generasi muda.

Menjawab aspirasi masyarakat tersebut, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi mengucapkan terima kasih atas perhatian dan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat yang nantinya akan jadi bahan evaluasi untuk peningkatan pembangunan yang akan dilaksanakan dalam lima tahun kedepan.

Katanya, untuk peningkatan sarana infrastruktur jalan dan jembatan serta sarana pendidikan dan kesehatan nantinya akan menjadi prioritas di kecamatan Ujung Batu.

“Terima kasih atas aspirasinya, hal inilah yang menjadi harapan utama makanya saya membawa langsung para pimpinan OPD agar mereka mendengarkan langsung aspirasi masyarakat dan nantinya akan kami jadikan bahan evaluasi untuk prioritas dalam peningkatan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk tahun berikutnya,” ucapnya.

Terkait keluhan tentang penyelesaian tapal batas, Andar mengatakan bahwa sesuai informasi yang disampaikan padanya, penyelesaian tapal batas antara Pemkab Paluta dan Labusel hingga saat ini belum selesai dan masih dalam proses penyesuaian dan koordinasi antara kedua belah pihak.

Meski begitu, pihak Pemkab Paluta akan terus menidak lanjutinya dan akan tetap berkoordinasi dengan masyarakat sekitar terkait batas alam antara daerah agar nantinya tidak ada yang merasa dirugikan hingga titik temu disepakati antara kedua daerah.

“Akan terus kita tindak lanjuti dan saya harap bantuan masyarakat yang mengetahui tentang batas alam maupun dokumen-dokumen pendukung yang ada agar nantinya kita bisa mempertahankan daerah yang memang merupakan daerah kita,” harapnya.

Sementara, menjawab permintaan tokoh pemuda kecamatan Ujung Batu, Bupati Paluta mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian tokoh pemuda tersebut terhadap kemajuan daerah khususnya generasi muda di kecamatan Ujing Batu.

Katanya, pihak Pemkab akan menindak lanjutinya dengan berkoordinasi dengan penegak hukum serta kalangan pemangku jabatan untuk peningkatan pembinaan dan pengembangan kemajuan generasi muda di seluruh kabupaten Paluta secara umumnya.

“Saya bangga dengan adinda sebagai generasi muda yang sangat memperhatikan daerahnya. Saya akan melakukan koordinasi dengan penegak hukum agar kita semua bisa bekerjasama untuk pemberantasan penyakit masyarakat ini. Dan untuk pembinaan dan pengembangan generasi muda sesuai yang diusulkan, nantinya akan menjadi prioritas kita dalam sinergitas pemerintahan dengan generasi muda untuk Kabupaten Paluta yang Beriman, cerdas, maju dan beradat,” tegasnya.

Pantauan, kegiatan ramah tamah Bupati Paluta dengan masyarakat Ujung Batu ini berlangsung akrab dan dirangkai dengan sesi tanya jawab antara masyarakat kepada para pimpinan OPD terkait. (Asr9)
Komentar Anda

Berita Terkini