MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Operasi Cipkon, Polisi Sweeping Tempat Hiburan dan Penginapan

harian9 author photo
Kasat Sabhara Polres Padangsidimpuan, AKP Rudi Siregar, SH memeriksa barang bawaan dan identitas pengunjung tempat huburan malam dan penginapan pada Operasi Cipkon dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif  menjelang pesta demokrasi Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan, Sabtu (19/1) malam. (Foto : Riswandy)



PADANGSIDIMPUAN| H9
Menciptakan suasana yang kondusif  menjelang pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan, jajaran Polres Padangsidimpuan dari Satuan Sabhara Polres Padangsidimpuan menggelar operasi Cipta Kondisi (Cipkon)  di sejumlah Tempat Hiburan Malam (THM) dan penginapan kelas Melati yang ada di Kota Padangsidimpuan, Sabtu (19/1) malam.

Selain untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif Operasi Cipkon juga guna mengantisipasi tindakan kriminal seperti penyalahgunaan narkoba, peredaran miras, dll. Operasi ini sendiri dipimpin Kasat Sabhara Polres Padangsidimpuan AKP Rudi Siregar SH dan melibatkan puluhan personil Sat Sabhara.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya SIK.MH melalui Kasat Sabhara AKP Rudi Siregar SH mengatakan, Operasi Cipkon ini selain untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif, juga guna mengantisipasi tindakan kriminal seperti penyalahgunaan narkoba, peredaran miras, dll.

“ Kami sengaja selektif memilih sasaran operasi kali ini, karena tempat-tempat tersebut disinyalir rawan terjadinya tindakan criminal dan mengharapkan dukungan masyarakat agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan, “ terang Kasat.

Kasat menuturkan, Operasi Cipkon tersebut dilakukan secara persuasive dengan mendatangi lokasi hiburan malam dan penginapan yang diawali dengan konfirmasi kepada pihak pengelola hiburan da penginapan, selanjutnya dilakukan pemeriksaan identitas berupa kepemilikan KTP bagi setiap tamu hotel dan pengunjung tempat hiburan malam THM.

Menurut Kasat, dari hasil operasi yang digelar, pihaknya menginterogasi 4 orang tamu di salah satu penginapan yang mana ada satu pasangan yang diduga bukan suami istri kedapatan sedang berada dalam satu kamar di sebuah penginapan dan di tempat tersebut, pihaknya menemukan alat kontasepsi (kondom) dari dalam kamar tempat pasangan tersebut menginap.

Kepada petugas, kedua pasangan tersebut mengaku merupakan sepasang kekasih dan berencana akan menikah. Akan tetapi, orangtua sang wanita tidak merestui hingga keduanya kabur dan berencana hendak kawin lari.

“ Pasangan bukan suami istri tersebut merupakan warga Paluta dan mereka mengaku merupakan sepasang kekasih dan berencana akan menikah. Akan tetapi, orangtua sang wanita tidak merestui hingga keduanya kabur dan berencana hendak kawin lari, “ kata AKP Rudi sambil menunjukkan identitas keduanya.

Setelah diinterogasi sejenak, pasangan kekasih yang terjaring bersama dua penginap lainnya kemudian dibawa ke Mapolres Padangsidimpuan untuk proses selanjutnya. Sebelum dipulangkan, mereka terlebih dahulu dilakukan pembinaan agar perbuatan serupa tidak diulangi lagi di kemudian hari serta memanggil orang tua. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini