MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Pemda Siap Mendukung Rencana Pembentukan Satgas Pendistribusian Bansos Tahun 2019

harian9.com author photo
Jajaran Polres Tapsel bersama pinpinan OPD dari Dinsos dan BAPPEDA Tapsel, Paluta dan Palas saat menyaksikan video conference (Vidcom) dari Mabes Polri terkait rencana MoU pembentukan Satgas dan penegakan hukum serta pendistribusian Bansos Kemensos RI di Aula Pratidina Mapolres Tapsel, Selasa (22/1). (Foto : Riswandy)


TAPSEL| H9
Tiga Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) masing-masing Kabupaten Tapsel, Padang Lawas Utara (Paluta) dan Padang Lawas (Palas) siap mendukung rencana pembentukan Satuan Tugas (Satgas), penegakan hukum serta pendistribusian Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementrian Sosial Republik Indonesia tahun 2019 yang bakal disalurkan kepada masyarakat.

“ Ke tiga daerah telah siap mendukung rencana Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Kementerian Sosial (Kemensos) pembentukan Satgas Bansos. Kita tinggal, menunggu tindak dari intruksi dari pusat, ” ungkap Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tapsel AKPB. Irwa Zaini Adib, SIK, MH melalui Kasubbag Humas Polres Tapsel Iptu Alpian Sitepu usai mengikuti Video Conference (Vidcon) dari Mabes Polri terkait rencana MoU pembentukan Satgas dan penegakan hukum serta pendistribusian Bansos Kemensos RI di Aula Pratidina Mapolres Tapsel, Selasa (22/1)

Kegiatan tersebut dihadiri Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto, SH, MH, Kabag Ops Polres Tapsel Kompol Sutoyo, Kabag Ops Polres Kota Padangsidimpuan Kompol Aswad Tarigan, SE, Kabag Sumda Polres Kota Padangsidimpuan Kompol Chobli, SH, Para Kepala Dinas Sosial (Kadissos) dan Kepala BAPPEDA Kabupaten Tapsel, Palas dan Paluta beserta anggota, serta sejumllah Pejabat Utama Polres Tapsel dan Polres Kota Padangsidimpuan.

Menurut Kapolres, dalam mendukung program Satgas Bansos Nusantara ini, Polri khususnya jajaran Polres Tapsel akan membantu pihak Kementrian Sosial  dalam menyalurkan Bansos kepada masyarakat agar lebih tepat sasaran.

“ Jika Satgas ini sudah terbentuk, kita berupaya untuk dapat melaksanakan program tersebut agar tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat harga, tepat kualitas dan administrasi. Ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya, kita tinggal tunggu intruksinya secara berjenjang mulai dari Mabes Polri, Polda selanjutnya dilaksanakan dijajaran Polres Tapsel, ” ungkap Irwa.

Kapolres juga menjelaskan, untuk mendukung kelancaran pendistribusian Bansos tersebut, Polri juga akan mengerahkan personil Bhayangkara Pembinaan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam mendata masyarakat yang memang dianggap benar-benar tidak mampu dan berhak mendapatkan Bansos agar penyaluran Bansos lebih akurat dan tepat sasaran. 

“ Penyaluran (distribusi) Bansos ke masyarakat dibutuhkan, pengawasan dan pengawalan dari jajaran Kepolisian, karena, Kepolisian mempunyai jaringan sampai desa-desa terpencil sekalipun. Dengan terbentuknya Satgas ini, penyaluran Bansos bisa sampai ke masyarakat dan tepat pada sasaranya, “ tuturnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Sososial Tapsel Porang Pane, S.Pd sangat mendukung rencana pembentkan Satgas Bansos tersebut, karena penyalurannya butuh pengawalan dan pengawasan. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi kemungkinan penyimpangan di lapangan.

“ Kita sangat mendukung sekali terbentuknya program Satgas Bansos tersebut dan kita tunggu MoU nya, bagaimana cara kerja serta sistim pendistribusian Bansos dan pengawasan serta pengawalannya, “ terang Porang Pane.  (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini