MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Polisi OTT Oknum Anggota LSM Dugaan Pemerasan Terhadap Belasan Kasek di Palas

harian9.com author photo
Oknum anggota LSM IMH yang terjerat OTT saat diamankan personil Sat Reskrim Polres Tapsel bersama barang bukti Senin (7/1) sekira pukul 15.20 Wib. (Foto : Riswandy)


TAPSEL| H9
Oknum anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Padang Lawas (Palas) IMH (36) warga Lingkungan V Banjar Keliling Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas), dijerat dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Personil kepolisian dari Unit II Ekonomi Sat Reskrim Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) di salah satu warung di Desa Sigala-gala Lingkungan VI Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Palas, Senin (7/1) sekira pukul 15.20 Wib.

Informasi yang dihimpun di Mapolres Tapsel, Rabu (16/1) menyebutkan, OTT yang dilakukan personil Sat Reskrim Polres Tapsel berawal setelah jajaran Sat Reskrim Polres Tapsel melalui Unit II Ekonomi memperoleh informasi dari masyarakat tentang keresahan sejumlah Kepala Sekolah (Kasek) yang ada di Kabupaten Palas atas dugaan pemerasan yang dilakukan IMH dengan mengaku sebagai salah satu anggota LSM LI Tipikor Tabagsel.

Mendapat informasi tersebut Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, S.Ik, MH melalui Kasat Reskrim AKP. Antonius Alexander Putra, SH, MH memerintahkan Kanit II Ekonomi Sat Reskrim Polres Tapsel Ipda. Aswin Manurung, SH untuk melakukan penyelidikan terhadap informasi yang disampaikan masyarakat tersebut.

Setelah meminta keterangan dari sejumlah Kasek yang telah jadi korban pemerasan, tim Opsnal Unit II Ekonomi langsung memburu pelaku dan saat pelaku sedang menerima uang dari korban Emri Nasution, Sonang dan Panyahatan Hasibuan tim Sat Reskrim Polres Tapsel langsung melakukan penangkapan dan mengamankan pelaku beserta barang bukti yang disita berupa uang sebanyak Rp.6.900.000.-, yang dipisah dalam tiga amplop, satu unit HP dan satu unit mobil jenis Inova Nopol BB 530 KA. Selanjutnya pelaku di bawa ke Mapolres Tapsel guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, S.Ik, MH yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP. Antonius Alexander Putra, SH, MH didampingi Kanit II Ekonomi Sat Reskrim Polres Tapsel Ipda. Aswin Manurung, SH dan Kasubbag Humasy Iptu Alpian Sitepu membenarkan OTT yang dilakukan jajarannya dengan pengamankan IMH, oknum mengaku anggota LSM LI Tipikor Tabagsel.

“ Saat ini tim penyidik Sat Reskrim Polres Tapsel menggelandang pelaku IMH untuk menjalani pemeriksaan. Sejumlah barang bukti 3 buah amplop berisi uang yang totalnya sebesar Rp.6.900.000.- satu unit HP dan satu unit mobil jenis Inova Nopol BB 530 KA, diamankan untuk bahan penyelidikan, “ terang Kasat.

Menurut Kasat, modus yang dilakukan IMH yakni awalnya dengan melayangkan surat klarifikasi hasil investigasi dugaan tindak pidana korupsi terkait penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang ditujukan ke sekolah-sekolah di Kabupaten Palas dan pelaku meminta sejumkah uang ke setiap Kasek, apabila tidak diberikan maka dugaan penyelewengan dana BOS akan dilanjutkan ke penegak hukum.

Dari pengakuan IMH, perbuatannya tersebut tidak dilakukan sendiri. Ia adalah suruhan dari D selaku Ketua LSM yang melarikan diri dan hingga saat ini masih di buron oleh personil Sat Reskrim Polres Tapsel.

“ Kami masih terus melakukan pegembangan dan akan melakukan pemeriksaan terhadap 14  orang Kasek dan bila terbukti atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal 368 ayat 1 tentang Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi, “ jelas Kasat.  (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini