MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Polres Tapsel Amankan Dua Tersangka Pengedar dan Pengguna Ganja

harian9.com author photo
Personil Sat Lantas Polsek Sosa saat mengamankan tersangka SH yang kedapatan memiliki daun ganja, di Jalan Lintas Desa Bulu Sonik Kecamatan Barumun Kabupaten Palas Rabu (23/1) sekira pukul 11.00 Wib. (Foto : Riswandy)


TAPSEL| H9
Satuan Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Tapanuli Selatan (Tapsel) berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotioka jenis ganja dari dua tempat berbeda bersama barang bukti puluhan amplop ganja kering siap edar.

Ke dua tersangka yang diamankan tersebut masing-masing SH (28) warga Desa Mondang Kecamatan Sosa  Kabupaten Padang Lawas (Palas). Tersangka diamankan, Rabu (23/1) sekira pukul 11.00 Wib di Jalan Lintas Desa Bulu Sonik Kecamatan Barumun Kabupaten Palas, dengan barang bukti yang disita satu lembar kertas kecil warna coklat berisi narkotika jenis ganja, satu unir sepeda motor merk Honda Sonic warna merah dengan Nopol : BB 5987 KK dan satu unit handphone merk Oppo warna putih.

Kemudian tersangka SP (27) warga Desa Pasir Matogu Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapsel yang ditangkap yang ditangkap  pada Kamis (24/1) sekira pukul 20.30 Wib, dengan barang bukti yang disita berupa daun gamja kering sebanyak 67, 0,5 ons daun ganja kering yang dibungkus dalam plastik warna biru, satu buah hekter, satu kotak anak hekter, satu buah mancis warna merah, satu buah handphone merk Samsung warna putih dan satu kotak rokok merk Lukman.

Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK, MH yang dikonfirmasi melalui Kasat Resnarkoba AKP. Zulfikar, SH didampingi Kasubbag Humasy Iptu Alpian Sitepu membenarkan penangkapan ke dua tersangka dari dua tempat berbeda di wilayah hukum Polres Tapsel yang masing-masing sebagai pengguna dan pengedar narkotika jenis ganja.


Kasat menjelaskan, untuk tersangka SH, diamankan personil Sat Lantas Polsek Sosa saat sedang melaksanakan operasi rutin di Jalan Lintas Desa Bulu Sonik Kecamatan Barumun  Kab. Padang lawas. Saat petugas sat Lantas memberhentikan kenderaan milik tersangka, petugas meminta menunjukkan kelengkapan berkendara. Namun tersangka tidak dapat menunjukkan surat-surat kenderaan dan SIM milik tersangka. 


Melihat pengendara tersebut menunjukkan sikap yang mencurigakan, pertugas Sat Lantas langsung menggeledah tersangka dan dari kantong celana milik tersangka, petugas menemukan satu bungkusan kecil kertas warna coklat yang berisi narkotika jenis ganja. Selanjutnya tersangka dan barang bukti diamankan ke Polsek Barumun  untuk di periksa dan di proses sesuai hukum yang berlaku.

Sementara tersangka SP yang merupakan pengedar narkotika di wilayah Kecamatan Batang Angkola, diamankan personil Unit Reskrim Polsek Batang Angkola setelah personil mendapat informasi dari masyarakat Desa Pasir Matogu Kec Angkola Muaratais, bahwa di Desa tersebut akan ada transaksi penjualan narkotika jenis ganja.

Atas Laporan tersebut, perugas berangkat menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan setibanya diTKP, petugas melihat tersangka yang saat itu sedang duduk-duduk di pinggir jalan desa Pasir Matogu. Lalu perugas melakukan penangkapan terhadap tersangka dan membawa tersangka ke rumah tersangka yang berjarak sekira 20 meter dari tempat tersangka duduk.

Didampingi Kepala Desa (Kades) setempat, petugas melakukan penggeledahan di dalam rumah dan ditemukan narkotika jenis ganja dalam bentuk paket sebanyak 67 amp dan daun ganja kering seberat 0,5 ons. Selanjutnya petugas membawa tersangka dan barang bukti ke Polsek Batang Angkola untuk proses lebih lanjut.

“ Ke dua tersangka SH dan SP sedang menjalani proses pemeriksaan dan dijebloskan ke RTP Mapolres Tapsel. Mereka akan dijerat pasal 114 dan pasal 127 UU RI No.35 tahun 1999, “ terang Kasat.

Kasat menjelaskan, terkait maraknya peredaran narkotika akhir-akhir ini di wilayah hukum Polres Tapsel, ia meminta semua pihak harus tetap waspada dan secepatnya memberikan informasi kepada petugas bila ada warga masyarakat yang terlibat penyalahgunaan narkoba. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini